Mohon tunggu...
Riska Yunita
Riska Yunita Mohon Tunggu... Bankir - Karyawan Swasta

Be your own kind of beautiful

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Bukan Perihal Dibayar, namun Kesempatan untuk Belajar

11 Agustus 2019   19:23 Diperbarui: 11 Agustus 2019   19:28 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Kamu nulis di kompasiana itu dibayar gak sih?"

Pertanyaan demikian datang dari seorang kawan ketika dia melihat hasil tulisan saya di kompasiana yang saya bagikan di media sosial pribadi. 

Jawaban saya saat itu sederhana saja, "Tidak."

Namun timbul rasa penasaran ketika saya mendapati beberapa kawan lain juga mulai menanyakan hal yang serupa. Jadilah saya bertanya kepada salah satu diantara mereka.

"Mengapa kamu bertanya tentang dibayar atau tidak?"

"Karena kamu terlihat menikmati kegiatan menulismu. Apa mungkin alasannya karena menulis itu bisa menghasilkan?", begitu jawabnya.

Setelah mendengar pernyataan itu lucunya saya merasa sepemikiran. Asumsikan saja kita orang awam yang memang tidak terlalu tahu tentang dunia blogging atau semacamnya. Tidak munafik jika apapun di zaman sekarang selalu diusahakan untuk bisa menghasilkan secara finansial bukan?

Lihat saja para youtuber yang marak dewasa ini. Sebagian mungkin berawal dari hobi dan melihat kesempatan yang ada untuk bisa menjadikannya hal yang menghasilkan. Ataupun ada yang memiliki kemampuan namun hanya ada di balik layar. Yang demikian pun tetap bisa menghasilkan. Begitu juga mungkin orang awam berpikir tentang kegiatan menulis.

Saya adalah kompasianer debutan yang baru bergabung beberapa bulan. Menemukan kompasiana pun saat itu berawal dari kebutuhan kompetisi yang ingin saya ikuti. Dan tulisan pertama saya di kompasiana saat itu  menjadi tulisan pertama juga yang saya ikuti dalam kompetisi intern dengan penilaian yang melibatkan publik.

Sebelumnya kompetisi yang saya ikuti hanya sebatas di sekolah atau ruang lingkup kampus yang tidak terlalu melibatkan banyak orang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun