Mohon tunggu...
Riska Wulandhary
Riska Wulandhary Mohon Tunggu... Mahasiswa Magister Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Sebelas Maret

Mencari Ilmu, Menebar Manfaat. ('khoirunnas anfa'uhum linnas' sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat)

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Aplikasi E-Banking dalam E-Commerce: Jaminan Kemudahan dan Tantangan Keamanan

3 Juli 2019   12:31 Diperbarui: 3 Juli 2019   23:06 0 0 0 Mohon Tunggu...
Aplikasi E-Banking dalam E-Commerce: Jaminan Kemudahan dan Tantangan Keamanan
Sumber: www.storyblocks.com

E-Banking merupakan layanan perbankan yang menggabungkan antara sistem informasi dan teknologi untuk memberikan kemudahan maupun kenyamanan dalam bertransaksi. Salah satu kemudahan yang ditawarkan E-Banking adalah memberikan layanan tanpa batas waktu dan ruang. Dengan kemudahan akses layanan yang ditawarkan, E-Banking telah banyak menarik minat masyarakat dalam bertransaksi online sehingga terjadi perubahan kegiatan transaksi keuangan dan pembayaran yang semula konvensional beralih menggunakan layanan E-Banking.

Di era digitalisasi saat ini, E-Banking erat kaitannya dalam kegiatan E-commerce. Data survey Global Web Index Q2 & Q3 pada tahun 2018 menunjukkan bahwa sebesar 86% masyarakat Indonesia membeli produk atau jasa secara online. Hal tersebut menunjukkan pesatnya perkembangan E-Commerce saat ini. Hal ini berdampak pada peningkatan kebutuhan individu maupun perusahaan terhadap layanan E-Banking dalam transaksi pembayaran. Jumlah pengguna dan transaksi keuangan dan pembayaran digital pun turut menunjukkan peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Layanan E-Banking yang Paling Populer

Di era digitalisasi saat ini, tuntutan akses kemudahan dan kecepatan telah memasuki di banyak aspek kehidupan tak terkecuali dalam kegiatan transaksi keuangan maupun pembayaran terlebih seiring pesatnya perkembangan kegiatan E-Commerce saat ini. Ada beberapa layanan E-Banking yang popular dan banyak diminati dikalangan masyarakat. Pertama, Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang diperuntukkan semua nasabah bank dengan didukung fasilitas kartu dan mesin ATM. ATM ini masih cukup diminati untuk transaksi keuangan maupun pembayaran seperti penarikan tunai dan transfer dana. Meskipun demikian, seiring dengan perkembangan teknologi android di telepon seluler sedikit mengurangi transaksi pembayaran via ATM.

Kedua, internet banking yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi via internet dengan menggunakan komputer. Internet banking banyak diminati terutama oleh pebisnis dimana semakin memudahkan kegiatan transaksi bisnis mereka. Banyak pula masyarakat yang memanfaatkannya tidak hanya untuk transaksi keuangan tetapi juga transasksi pembayaran pembelian maupun tagihan.

Ketiga, mobile banking yang memungkinkan nasabah untuk bertransaksi via telepon seluler dengan fitur android. Perkembangan mobile banking terbilang paling cepat karena berbasis aplikasi yang dapat dengan mudah di unduh. Kepraktisan menjadi salah satu alasan yang membuat mobile banking kian digandrungi. Selain itu, mobile banking mampu menjawab kebutuhan masyarakat modern yang sangat mengedepankan kemudahan akses dan kecepatan mobilitas.

Manfaat E-Banking: Jaminan Kemudahan

Kehadiran E-Banking di era digitalisasi ini telah memenuhi kebutuhan masyarakat modern akan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Terlebih dengan pesatnya perkembangan E-Commerce saat ini yang sangat digandrungi millennial turut memacu perkembangan E-Banking yang menawarkan beragam kemudahan akses layanan. Pada umumnya fitur layanan yang ditawarkan E-Banking meliputi informasi rekening, transaksi bisnis, transfer dana, serta pembayaran atas pembelian maupun tagihan yang akan memudahkan masyarakat dalam memenuhi beragam kebutuhan transaksi keuangan maupun pembayaran tersebut.

Masyarakat diuntungkan dengan hadirnya E-Banking yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Tak hanya kemudahan akses layanan, masyarakat juga memperoleh kepraktisan dan kenyamanan dimana mereka tak lagi harus ke bank maupun ke ATM untuk bertransaksi tetapi dapat dilakukan melalui komputer maupun gadget android sehingga jelas bebas antrian dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang memiliki sarana pendukung untuk melakukan layanan E-Banking tersebut.  Hal ini meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga karena E-Banking tidak terbatas waktu dan tidak terkendala ruang serta real time. Semua kegitan dapat dilakukan dalam satu waktu, menjadi efisien dan praktis.

Saat melakukan transaksi pembelian pada E-Commerce seperti pakaian, aksesoris, tiket pesawat dan kereta api, hotel, barang-barang elektronik, buku, bahkan games, biasanya transaksi pembayaran yang kebanyakan ditawarkan oleh merchant salah satunya adalah E-Banking dan hal ini diminati pula oleh kebanyakan pelanggan karena mudah dan praktis. Jika biasanya kita melakukan pemesanan dan pembayaran tiket pesawat di bandara atau agen travel terdekat dan tiket kereta api di stasiun, maka pembayaran dengan E-Banking kini akan menjadi jauh lebih mudah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3