Mohon tunggu...
Risdiani Jati Kusumah
Risdiani Jati Kusumah Mohon Tunggu... Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Singaperbangsa Karawang

Berkaryalah!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Aplikasi Game Edukasi Matematika Berbasis Android - MAGIC RPG

2 Juni 2020   10:34 Diperbarui: 2 Juni 2020   11:06 171 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aplikasi Game Edukasi Matematika Berbasis Android - MAGIC RPG
Default dari RPG Maker MV)

Virus COVID-19 mulai mewabah pada akhir tahun 2019 di Kota Wuhan Provinsi Hubei, Tiongkok, yang kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Pandemi ini berdampak pada berbagai bidang dalam kehidupan manusia, yang salah satunya adalah bidang Pendidikan. Wabah ini menular melalui kontak fisik antar manusia dan sangat berbahaya karena telah banyak menelan korban jiwa. Dengan hal ini, pemerintah Indonesia memberikan kebijakan ketat untuk menghindari berbagai kegiatan kontak fisik bagi semua orang dengan cara tetap berada di rumah, serta salah satunya adalah kebijakan bagi siswa untuk belajar dari rumah secara daring.

Pembelajaran daring ini menuntut para akademisi untuk harus lebih kreatif dalam mengelola kegiatan pembelajaran, yaitu seperti halnya membuat inovasi yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran secara daring, misalnya berinovasi pada media pembelajaran. Pembelajaran seperti ini sebenarnya dapat didukung dan difasilitasi oleh berbagai teknologi yang tersedia pada abad ke-21 ini. Bahkan kini banyak aplikasi yang telah diciptakan sebagai media pembelajaran daring. 

Namun tetap saja berinovasi harus tetap dilakukan, karena pada dasarnya media pembelajaran yang sudah ada merupakan media yang multifungsi. Sedangkan menimbang setiap tujuan pembelajaran yang berbeda-beda, maka inovasi sebuah media pembelajaran daring dengan fokus pada satu fungsi, serta menyesuaikan pada situasi guru dan siswa itu diperlukan. 

Situasi yang perlu diperhatikan seperti halnya mempertimbangkan benda apa yang paling kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya seperti android, serta situasi pandemi yang membuat sebagian besar orang menjadi stress dan perlu hiburan. Dalam kondisi stress karena situasi pandemi, selain itu jika ditambah dengan pembelajaran matematika yang notabene-nya dianggap sukar oleh siswa, jelas perlu sesuatu yang baru dan menyenangkan bukan?

Maka dari itu kita bisa melakukan sebuah inovasi yang berkaitan dengan android sebagai media hiburan. Salah satu cara menggunakan android sebagai media hiburan adalah dengan bermain game. Namun tetap saja game yang berhubungan dengan pembelajaran. 

Dalam waktu dekat ini terdapat suatu penelitian berskala kecil yang menghasilkan sebuah game edukasi matematika berbasis android, game tersebut merupakan jenis game Role Playing Game, yang diberi nama MAGIC RPG. Game ini dibuat dengan memanfaatkan aplikasi RPG Maker MV versi trial, dan tool dari MBYT untuk mengekspor game MAGIC RPGagar dapat support digunakan pada android.

Game edukasi MAGIC PRG ini ditujukan untuk pembelajaran matematika pada materi Logika Matematika dengan seputar pernyataan, ingkaran, dan pernyataan majemuk (konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi) yang merupakan salah materi mata pelajaran matematika pada tingkat sekolah menengah atas. 

Game MAGIC RPG ini telah diuji coba terhadap lima siswa tingkat sekolah menengah atas dengan cara membagikan link google drive dari aplikasi MAGIC RPG untuk mereka unduh, install, dan mainkan. Setelahnya, mereka diberi link google formulir yang berisi angket respon siswa terhadap kemudahan penggunaan dan performa dari game MAGIC RPG. Dari pengisian angket tersebut, diperoleh hasil respon siswa yang baik, yaitu respon sebesar 76% terhadap segi kemudahan penggunaan produk, dan 72% terhadap segi performa produk.

Unsur cerita pada game ini, mengisahkan tentang suatu kekuatan misterius yang menarik perhatian sebagian besar rakyat di Kerajaan MAGIC, kekuatan itu bernama Mathematical Logic. Orang pertama di Kerajaan MAGIC yang mampu menguasainya adalah Putri Rui, anak dari Raja Kerajaan MAGIC. Pemain akan berperan sebagai rakyat Kerajaan MAGIC yang ingin menguasai kekuatan Mathematical Logic. 

Untuk menguasai kekuatan tersebut, pemain harus datang ke suatu tempat yang dikhususkan sebagai tempat untuk mempelajari kekuatan Mathematical Logic, yaitu Stone Castle. Pemain dapat menentukan nama karakter sendiri untuk berperan selama permainan MAGIC RPG berlangsung. Pemain akan memperoleh gelar Master Of Logic dari Putri Rui jika telah menyelesaikan permainan dan mempelajari kekuatan Mathematical Logic di Stone Castle, mulai dari lantai 1 hingga lantai 5. Pada setiap lantai ini, pemain akan disuguhkan quest yang harus diselesaikan. 

Cara memainkan game ini sangat mudah, karena seperti game RPG sederhana pada umumnya yang cukup menggerakan karakter pemain. Namun terdapat gestur khusus saat pada bagian memasukan nama karakter pemain, yaitu menyentuh layar dengan dua jari untuk menghapus huruf. MAGIC RPG ini memiliki beberapa tampilan di dalamnya, yaitu tampilan awal; tampilan menu; 9 maps dengan 2 diantaranya maps adalah intro dan prolog, serta 7 diantaranya merupakan maps utama yang meliputi Wilayah Stone Castle, Lantai 1 – Ingkaran, Lantai 2 – Konjungsi, Lantai 3 – Disjungsi, Lantai 4 – Implikasi, Lantai 5 – Biimplikasi, dan Bertemu Putri Rui.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x