Mohon tunggu...
risda yani
risda yani Mohon Tunggu... -

seorang mahasiswa di Universitas Halu Oleo Kendari jurusan Kesehatan Masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

Motivasi Paling Kuat

5 November 2014   01:08 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:37 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Setiap orang pasti dikelilingi oleh orang – orang yang menyayanginya, baik itu orang tua, keluarga, sahabat atau siapa saja yang dekat dengannya. Mereka yang selalu ada untuknya. Selalu mendengarkan cerita - ceritanya, apalagi saat lagi sedih atau dirundung masalah. Mereka akan menjadi orang- orang pertama yang akan menjadi penyemangat bagimu. Yang memberimu motivasi agar tetap bangkit. Ya dia akan memberikanmu motivasi. Namun satu hal yang pasti sekuat apapun orang lain memberimu motivasi tetapi jika motivasi itu tidak lahir dari dirimu sendiri maka itu akan mudah hilang karena dia bersifat lemah. Ya motivasi yang kuat adalah motivasi dari dalam. Dari diri kita sendiri. Motivasi inimemang paling jitu karena lahir dari dalam diri seseorang, Sekuat apapun orang lain mendorongmu, namun jika dirimu tidak mau bergerak maka itu sia-sia. Hal ini berlaku dalam segala hal.

Ketika saya menghadapi begitu banyak masalah. Berbagai cara kutempuh agar bisa mendapatkan solusi dari apa yang saya alami. Bagiamana cara agar bisa meningkatkan semangatku lagi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Kita harus meyakini bahwa semua masalah pasti akan ada jalan keluarnya. Kumencoba bercerita dengan guruku, yang aku percaya bahwa dia akan mampu memberiku solusi atas masalah yang saya hadapi, dalam pembicaraan dengannya ku sangat menghayati, dia memberiku wejangan – wejangan penguat diri. Saya begitu seksama menyimak nasihatnya. Dan berharap dengan ini saya bisa mendapatkan cara untuk solusi masalah yang saya hadapi. Tidak ketinggalan sahabatku, aku tugaskan untuk selalu mengingatkan ku setiap harinya mengenai apa –apa yang harus saya lakukan agar aku tidak berlarut- larut dalam sebuah masalah. Tapi apakah semua itu mampu membuatku keluar dari masalah yang ada, apakah dengan hal itu bisa membuatku bangkit dari masalah yang saya hadapi? Ternyata tidak. Lalu apa yang salah? Karena motivasi yang diberikan oleh orang lain itu, tidak akan berguna jika tidak dibarengi dengan motivasi yang lahir dari dalam diri kita sendiri.

Ya sebuah motivasi jitu adalah motivasi yang lahir dari dalam. Begitupun ketika kita ingin menerapkan hidup sehat, sekuat apapun para promoter kesehatan mengingatkan kepada kita tentang hidup sehat, tidak akan ditaati jika tidak ada kesadaran yang muncul dari diri kita sendiri. Semua yang kita lakukan tergantung dari niat kita. Nah kita sebagai manusia yang mempunyai kewajiban untuk mengingatkan satu sama lain, tugas kita tidak hanya sebatas membuat orang melakukan apa yang kita perintahkan tetapi membuat orang tersebut bisa secara mandiri agar mau dan mampu untuk melakukan sesuatu dengan kesadaran sendiri. Karena semua akan sia – sia jika sesuatu itu bukan karena kesadaran dari dalam diri sseorang. Motivasi dari orang lain juga penting tapi yang paling utama adalah motivasi yang lahir dari dalam diri.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun