Mohon tunggu...
KKN TEMATIK KEL 4
KKN TEMATIK KEL 4 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

pengabdian masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat

Pembuatan Susu Jagung Untuk Pencegahan Stunting di Desa Karya Jadi

4 September 2022   00:12 Diperbarui: 4 September 2022   10:19 81 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Desa Karya Jadi, (20 Agustus 2022) - Stunting merupakan masalah yang harus diperhatikan karena penyakit ini menyerang anak-anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Salah satu penyebab kurang gizi seimbang pada balita adalah kurangnya pengetahuan tentang gizi yang harus diberikan, yang jika hal ini terus diabaikan akan menyebabkan terhambatnya tumbuh kembang anak.

Jagung merupakan suatu tanaman yang mempunyai peranan bernilai ekonomis serta memiliki peluang untuk dikembangkan. Susu bahan makanan terkadung protein, lemah, karbohidrat, vitamin maupun mineral yang dibutuhkan pada tubuh. Susu jagung suatu bahan makanan nabati sumber protein. Pada 100 gram jagung terdapat 9,2 gram protein.

dokpri 
dokpri 


Kesadaran orang tua sangat berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Kurangnya kesadaran masyarakat di Desa Karya Jadi tentang bahaya stunting disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bahaya stunting pada anak. Perlu peningkatan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran ibu tentang pentingnya gizi yang cukup bagi anak.

dokpri 
dokpri 


Pada hari Sabtu tanggal 20 Agustus 2022 saya mengadakan praktek pembuatan minuman jagung sehat alias minuman susu jagung untuk ibu-ibu di Desa Karya Jadi Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala. Sebelum dilakukannya praktek membuat susu jagung, saya terlebih dahulu membagikan leaflet yang berisi bahan-bahan dan cara membuat susu jagung. Setelah dibagikan saya langsung membuat susu jagung untuk ibu-ibu.

dokpri 
dokpri 

Kegiatan pembuatan minuman sehat jagung atau minuman dari susu jagung ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah stunting dan memanfaatkan potensi lokal. Susu jagung selain memiliki nilai gizi yang baik juga memiliki banyak nilai ekonomis.

Hasil kegiatan yang saya lakukan berjalan dengan baik, serta membuat para ibu-ibu minat untuk mengolahnya kembali di rumah dan untuk dijual belikan.

dokpri 
dokpri 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan