Mohon tunggu...
Sumiyar Budi Wiyono
Sumiyar Budi Wiyono Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Hidup untuk ibadah dan tetap menulis hal hal bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Susah Mencari Peluang Bisnis Franchise, Berikut Tipsnya

4 Maret 2021   10:11 Diperbarui: 4 Maret 2021   10:30 78 2 0 Mohon Tunggu...

Susah Mencari Franchisee Cocok? Inilah Tipsnya

Mencari sosok franchisee yang cocok sesuai dengan kemauan franchisor memang susah susah gampang. Sebagai franchisor, anda tentunya setuju bahwa pentingnya memiliki franchisee yang cocok yang mau diajak berjuang dan berjihad demi memajukan bisnis secara bersama-sama. Tapi ibarat perkawinan, kadang bisa langgeng sampai tua dan memiliki lebih dari 5 gerai, ada juga yang gagal di usia bisnisnya yang baru seumur jagung.

Karena itu pentingnya melakukan investigasi calon franchisee Anda. Investigasi yang baik akan menghasilkanfranchise yang lebih sesuai dengan harapan franchisor. Berikut kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan investigasi calon franchisee.

1. Passion

Calon franchisee harus memiliki passion atau minat yang mendukung bisnis franchise yang akan dijalankan Ketika menjalankan bisnis sesual passion, orang akan punya dimensi luas dan lebih jeli dalam melihat permasalahan. Selain itu juga memiliki tingkat kesempurnaan dan kreativitas yang tinggi dalam proses operasional maupun hasil. Itu semuanya akan mendorong tingkat kepuasan pelanggan yang merupakan salah satu faktor keberhasilan sebuah bisnis.

2. Entrepreneurship

Menjalankan bisnis franchise tidak ubahnya menjalankan bisnis sendiri. Franchisee juga adalah seorang entrepreneur yang harus mampu menjalankan bisnis dengan segala bentuk risiko yang dihadapi di dalam perjalanannya. Bagi masyarakat Indonesia, entrepreneurship juga masih dalam tahap pengembangan. Yang saya maksud, mentalitas entrepreneurhip masih tercampur dengan investasi.

Franchise atau waralaba dalam penilaian masyarakat cenderung dipahami sebagal sebuah instrumen investasi, sehingga pertimbangan utamanya lebih condong pada yield atau keuntungan pasti yang akan diperoleh daripada terhadap risiko dan potensi keuntungan.

Kriteria entrepreneurhip ini penting, karena franchisee memang haruslah seorang entrepreneur yang

menjalankan bisnis dengan perspektif risiko dan potensi keuntungan yang selalu harus dipertimbangkan

dalam setiap Keputusan yang mereka ambil. Franchisee yang memiliki entrepreneurship tinggi akan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x