Mohon tunggu...
Risa Septia Annisa
Risa Septia Annisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Akuntansi 2018

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Tips agar Pembelajaran Daring Tetap Efektif sebagai Upaya Penanggulangan Covid

25 Juli 2021   13:49 Diperbarui: 10 Agustus 2021   23:29 66 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Tips agar Pembelajaran Daring Tetap Efektif sebagai Upaya Penanggulangan Covid
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid - 19 pertama kali muncul di Indonesia pada maret 2020 dan di duga Virus Covid -19 ini berawal dari pasar hewan yang berada di Kotan Wuhan China. 

Pandemi Covid-19 di Indonesia memberikan dampak pada berbagai bidang salah satunya yaitu pada Bidang Pendidikan, dimana kegiatan belajar mengajar yang biasa dilakukan secara tatap muka kini harus dilakukan secara jarak jauh atau biasa disebut dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

Pembelajaran jarak jauh ini merupakan Kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Metode pembelajaran jarak jauh ini yaitu para peserta didik dan pengajar melakukan kegiatan belajar mengajar di lokasinya masing masing namun tetap terhubung dengan teknologi yang ada. 

Adanya Pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dan juga pengajar di haruskan untuk dapat menyesuaikan dengan di dukung oleh teknologi sebagai media pembelajarannya.  Teknologi yang mendukung pembelajaran jarak jauh ini bisa melalui berbagai platform gratis maupun platform berbayar. Platform yang biasa digunakan yaitu aplikasi Zoom, Google meet, Google classroom, Edmodo, dll.

Adapun dampak positif dari pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini yaitu:

Mengurangi penyebaran virus covid -19

Demi mengurangi dan memutus rantai penyebaran virus covid -19, maka kegiatan belajar mengajar secara tatap muka kini beralih dengan pembelajarak jauh (PJJ) secara online atau dalam jaringan. Dimana para peserta didik tetap bisa melakukan kegiatan belajar mengajar dirumah nya masing masing agar tujuan pembelajaran tetap bisa tercapai.

Metode Pembelajaran lebih variatif

Dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ), metode pembelajaran lebih variatif yaitu bisa menggunakan video pembelajaran agar peserta didik tidak merasa bosan, melakukan diskusi online dan memanfaatkan platform gratis yang bisa mendukung pembelajaran jarak jauh.

Peserta didik dan Pengajar bisa mengeksplorasi Teknologi

Dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) peserta didik dan juga pengajar di haruskan untuk mampu menggunakan teknologi dengan menyesuaikan kondisi yang ada. Seiring berjalannya waktu para peserta didik dan juga pengajar kini bisa lebih mengeksplorasi teknologi -- teknologi yang mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN