Mohon tunggu...
Risa Fatima Zahra
Risa Fatima Zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa IPB University 2020

I'd like to share experience and share my valuable stories with others. i also like to try new things that improve my skill.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Produk Inovatif Olahan Domba Premium

3 Desember 2022   12:18 Diperbarui: 3 Desember 2022   12:21 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

CV. Mitra Tani Farm atau yang kita kenal dengan MT Farm merupakan badan usaha yang bergerak dalam bidang peternakan dan pengolahan produk hasil ternak. MT Fam dilegalkan pada tahun 2004 oleh beberapa alumni IPB (Institut Peternakan Bogor). 

MT Farm awalnya hanya bergerak dibidang penjualan hewan ternak kemudian seiring dengan kebutuhan pasar, MT Farm terus menambah kapasitas dan jumlah dari domba. MT Farm sudah banyak menghasilkan inovasi dalam pengolahan hasil ternak seperti makanan kaleng siap saji dan fashion. MT Farm mulai melakukan inovasi tersebut pada tahun 2017.

Inovasi produk makanan siap saji dari MT Farm yaitu nasi kebuli kaleng, mangut lele kaleng, gulai domba, tengkleng domba, rendnag sapi, rendang domba, sop domba, tongseng domba, dan masih banyak yang lainnya. Penjualan produk tersebut dilakukan secara online dan terdapat store nya yang terletak di Ciampea, Kabupaten Bogor.

Menurut Ibu Sari, dengan adanya pandemi tahun 2020 membuat penjualan produk kaleng terus meningkat tetapi untuk produk fashion menagalami penurunan. Hal tersebut dikarenakan adanya peraturan PPKM yang menbuat masyarakat berdiam diri di rumah. Dengan adanya produk kalengan ini membuat lebih efisien dan praktis dalam mendapatkan makanan.

Sebelum sesukses ini, MT Farm juga harus merancang strategi yang baik dalam pemasaran. "Sebelum menjual produk, kita harus tau target pasar yang dituju, cara pemasaran, strategi menarik minat pembeli, dan menerapkan promosi atau diskon" menurut Ibu Sari. Penjualan produk kalengan ini juga banyak diminati oleh para traveler terutama traveler luar negeri. 

Warga Indonesia yang tinggal di luar negeri pasti merindukan makanan khas Indonesia. Oleh karena itu, terciptanya produk ini dapat mengobati rasa rindu makanan khas tanah air Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun