Mohon tunggu...
Nur Farihatul Khoiriyah
Nur Farihatul Khoiriyah Mohon Tunggu... being inspired and addicted to someone

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030006)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Young Lex Disebut "Plagiarisme" MV Lit

9 Maret 2021   11:42 Diperbarui: 9 Maret 2021   12:27 321 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Young Lex Disebut "Plagiarisme" MV Lit
sumber gambar: IntipSeleb

Siapa yang tidak  kenal dengan sosok Young Lex. Dikenal sebagai rapper, kini ia tengah banyak dibicarakan. Ia diserbu oleh "cherries" karena music video Young Lex yang baru saja di upload di youtube. Cherries sendiri adalah nama dari exo-l china. Cherries terkenal dengan kekuatannya sebagai fans exo. 

Mereka tidak akan diam saja melihat idolanya disenggol. Tidak main-main, cherries mampu membuat masalah ini menjadi trending topic. Gambar diatas menunjukkan kemiripan MV milik Young Lex (kanan) dan milik Lay Zhang (kiri).

Young lex dianggap mem-plagiat music video dari Lay Zhang yang berjudul "Lit". Lay Zhang adalah member EXO yang juga salah satu asset berharga milik China, orang penting di China dan juga disegani  banyak orang. Lay bukan hanya seorang penyanyi biasa, ia adalah seorang dancer, aktor, produser, dan juga CEO.

Music video Young Lex yang berjudul Raja Terakhir dianggap plagiat dari music video Lay. Disini terlihat jelas kemiripan dari kedua MV tersebut. Baru diupload di youtube kemaren tanggal 8 Maret 2021, MV Young Lex langsung menjadi bahan perbincangan. Bahkan trending topic dibeberapa media sosial hari ini adalah tentang plagiat yang dilakukan oleh Young Lex.

Bukan hanya charries namun, netizen Indonesia juga ikut angkat bicara. Secara tidak langsung Young Lex membawa nama Indonesia dalam kasus plagiarisme ini. Bahkan bertita tentang plagiat ini sudah masuk dalam Weibo.  Weibo ini adalah media sosial yang paling banyak digunakan oleh warga china dan menjadi salah satu media sosial yang popular disana.

Weibo.com menuliskan "EXO dari Lay Zhang. Secara keseluruhan, saya menemukan bahwa orang Indonesia meniru Zhang Yixinglian MV. Anda mencoba melihat beberapa klip yang sangat mirip dengan MV Zhang Yixinglian. 

Orang ini benar-benar tidak tahu malu.jelas dia mencurinya, tapi dia menyangkalnya dan mengejek kami." Disini tertulis dengan jelas bahwa weibo menyebut kata "indonesia"

Banyak netizen Indonesia yang geram atas hal ini. Bagaimana tidak, Indonesia tengah menjadi bahan perbincangan di China akibat plagiarisme ini.

Netizen mencoba mencocokkan antara kedua MV tersebut. Dari situ terlihat banyak sekali kemiripan bahkan bisa dibilang sama. Para charries menuliskan cuitan di twiter yang dilontarkan untuk Young Lex. Bahkan sebagian besar dari isi cuitan cherries adalah sindiran bahkan hinaan untuk MV Young Lex. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x