Mohon tunggu...
Ririn Anindya Putri
Ririn Anindya Putri Mohon Tunggu... Pengajar Privat -

Aktif di Forum Linkar Pena Sumatera Utara dan menaruh minat pada dunia pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

Permasalahan dan Solusi yang Aplikatif Mewujudkan Kebahagiaan Pendidikan Indonesia

8 Agustus 2014   06:56 Diperbarui: 18 Juni 2015   04:05 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1407486996982833631

Judul    :  Menjadi Sekolah Terbaik: Praktik-Praktik Strategis dalam Pendidikan

Penulis:Anita Lie, Takim Andriono, Sarah Prasasti

Penerbit:Tanoto Foundation dan Raih Asa Sukses

Cetakan:I, 2014

Halaman:188 halaman

“Pengetahuan menjadi motor penggerak zaman yang menjadi penentu kapasitas sebuah bangsa.”

(Tanoto Foundation)

Indonesia adalah negeri yang komlpeks, begitu pun dengan masalahnya, maka wajar jika penanganannya tidak instan. Pendidikan adalah sebuah proses yang akan menentukan apakah negeri akan mampu menghadapi tantangan dari dalam mau pun dari luar - seperti globalisasi. Dan masyarakat negeri ini pun tahu persis bahwa aspek pendidikan memiliki tantangannya pula.

Permasalahan-permasalahan pendidikan sering didengar pada berita-berita harian, pada percakapan serius mau pun santai, atau pengalaman pribadi. Mulai dari kecurangan dalam praktik pendidikan, kompentensi, kesejahteraan, pemerataan guru, sampai dengan siswa yang stres menghadapi ujian. Sebuah gambaran ketidakbahagiaan proses pendidikan. Memang tidak semua sekolah atau pun guru seperti itu, tapi ini lah realita bahwa hal tersebut masih kerap kita temukan. Mungkin sudah ada yang mulai jenuh, apatis, atau pun pesimis. Pemikiran-pemikiran itu wajar saja muncul di tengah masyarakat, namun perlu disadari bahwa hanya dengan anggapan ‘dari sananya sudah begitu’ dan sebatas cemas, kita tidak akan mendapati kemajuan. Perlu disadari bahwa pendidikan seyogyanya menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah.

Ketika membaca buku ini, ada banyak ‘Aha!’ yang saya dapati, ide-ide segar, dan inspirasi yang menyejukkan. Pada bab awal pembaca disuguhkan mengenai dimensi dan permasalahan pendidikan. Yang kerap tampak di mata kita adalah permasalahan pada ‘hilir’ seperti yang kita temukan di berita harian, padahal kita memerlukan perbaikan dari ‘hulu’ sampai dengan ‘hilir’. Buku ini memaparkan hal-hal tersebut, termasuk kesenjangan-kesenjangan yang terjadi pada praktik pendidikan dan penyebabnya. Bersyukurnya saya, buku ini tidak hanya memaparkan masalah, namun juga solusi yang dapat diaplikasikan. Konon lagi ketika membaca kisah-kisah nyata para pelaku di tengah keterbatasan, rasanya – apa yang tak mungkin.

Sebagaiamana yang disampaikan sebelumnya bahwa pendidikan adalah tanggung jawab bersama. Gerakan-gerakan filantropi merupakan bukan sekedar angin segar, namun juga menjadi bagian solusi. Salah satunya adalah bagaimana sebuah gerakan filantropi - Tanoto Foundation yang didirikan oleh Bapak Sukanto Tanoto telah dan masih berkontribusi untuk pendidikan secara nyata, memiliki perancangan yang disesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai, dan berkesinambungan.

Dalam buku ini, kita diingatkan bagaimana hal-hal terlupakan – seperti keunikan dan kearifan lokal – dapat diberdayakan untuk proses pembelajaran dan nantinya juga dikelola dengan bijak oleh output dari proses pendidikan. Penyebaran perangkat pendidikan memang harus merata, guru berkualitas, sarana dan prasarana, namun bukan berarti prosesnya pembelajarannya harus sama dengan mengabaikan keunikan yang ada pada tiap daerah.

Langkah-Langkah Aplikatif menuju Kebahagiaan Pendidikan

Siapakah kepala sekolah, guru, atau siswa yang dapat menyebutkan visi dan misi sekolahnya? Semoga banyak yang dapat menjawab. Apakah visi sekolah adalah sekedar tuntutan administrtatif atau telah menjawab - mau di bawa kemana sekolah ini? Mampukah visi itu dipahami dan memberikan motivasi? Pertanyaan-pertanyaan yang lebih menggelitik dapat hadir dibenak kita ketika membaca bab ke-lima. Visi seharusnya menjadi ruh bukan label semata. Lalu, ketika telah memiliki visi, apa rencana strategis yang akan diterapkan? Menariknya, kita dapat menemukan gambar - delapan pertanyaan untuk menyusun rencana strategis, yang memudahkan kita merancang rencana strategis sekolah, bahkan saya berencana, ‘menguji’ rencana strategis kehidupan pribadi saya atau sebagai seorang guru dengan delapan pertanyaan yang dipaparkan.

Untuk menjadi sekolah terbaik, hendaknya pelaksana sekolah mau dan terus belajar. Maka perlu sebuah bentuk kepemimpinan yang transformatif, di mana guru diberikan ruang pula untuk mengembangkan kreativitasnya, mendorong tumbuhnya semangat dan budaya belajar, sehingga semua orang merasa dihargai dan dipercayai. Sehingga semua orang berbuat karena dia paham mengapa perlu dilakukan, bukan sekedar mengejar pemberian yang bersifat ekstrinsik. Pada kenyataannya, mengubah pola pikir tidak semudah berwacana. Namun pada buku ini, kita bisa membaca kisah nyata para kepala sekolah yang memiliki pola kepemimpinan transformatif, mereka mencapai lebih dari sekedar posisi!

Buku setebal 188 halaman ini, juga mengingatkan akan pentingnya kerjasama setiap elemen masyarakat, guru, kepala sekolah, orang tua, stake holder, calon guru, LPTK, dan para pengambil kebijakan untuk bekerja sama agar output merupakan outpput mengoptimalkan potensinya, sebuah potensi yang lebih dari angka-angka hasil ujian, potensi yang mampu menjawab tantangan kehidupannya, bahkan menjadi bagian dari solusi permasalahan bangsa.

Buku dengan cover - siswa tersenyum - yang menyiratkan harapan pendidikan lebih baik, banyak memaparkan kurikulum KTSP, sedang saat ini kurikulum 2013 mulai digalakkan. Namun, hal tersebut tidak mengurangi relevansi praktik-praktik strategis untuk diterapkan karena buku ini hasil pemikiran mereka yang telah turun ke lapangan, bukan hasil perenungan di balik meja saja. Buku yang berpesan bahwa kita perlu tetap belajar, bahu-membahu untuk tidak mewariskan permasalahan pendidikan yang lebih kompleks untuk generasi berikutnya, dan tentu pendidikan untuk generasi saat ini, serta menjadi bagian dari solusi.

Sikap-sikap optimis, kreatif, dan passionate yang ditunjukkan para pelaku pendidikan yang dijadikan contoh dalam buku ini, mematahkan paradigma hambatan sama dengan awal dari kegagalan. Mereka yang berjuang dalam diam, tidak lah sedikit. Mungkin boleh jadi menggambarkan kondisi ini seperti sebuah daerah dengan persawahan yang padinya mulai layu, sumurnya mulai kering, dan tanah-tanahnya gersang. Kemudian hadir awan yang berarak, menjatuhkan gerimis, membasahi tanah, sumur, dan padi. Sebuah harapan. Namun yang perlu kita pelajari, harapan yang ingin kita bersama-sama wujudkan, harus lah kita upayakan bukan kita tunggu.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun