Mohon tunggu...
Riri Vebriyanto
Riri Vebriyanto Mohon Tunggu... Hobi

Saya punya hobi nulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bangkitkan Nilai Religi, Dua Komunitas Mobil di Gorontalo Lakukan Wisata Religi

28 Maret 2021   07:09 Diperbarui: 28 Maret 2021   08:08 109 2 2 Mohon Tunggu...


Gorontalo -  Kegiatan di akhir pekan sering digunakan banyak orang untuk berkumpul dengan keluarga, menekuni hobi, atau jalan-jalan. Apalagi saat ini perkembangan destinasi pariwisata Indonesia yang semakin pesat membuat banyak tempat di Gorontalo pada khususnya dan di Nusantara pada umumnya menjadi pilihan kegiatan jalan-jalan bersama keluarga atau teman-teman. Berkaitan dengan hal tersebut. 

Berbeda dengan komunitas mobil pada umumnya, dua komunitas mobil asal Gorontalo yakni Ayla Agya Gorontalo Community (AAGC) dan Brionesia Gorontalo ini mempunyai cara berbeda dalam berwisata, yaitu wisata sambil belajar, wisata sambil meng-upgrade iman yang mereka sebut wisata religi.

Ahmad Tomayahu ketua AAGC  yang akrab disapa Nanang menceritakan bahwa wisata religi adalah wisata yang lebih diperuntukan bagi pemenuhan kebutuhan batin atau rohani manusia. Wisata religi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rohani dan memperkuat iman dengan mendatangi tempat atau tujuan yang memiliki nilai religis. "Dulu wisata religi identik dengan mengunjungi makam para wali atau para pejuang islam, akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman sudah banyak destinasi wisata bernuasa religi, contohnya Asrama Haji Gorontalo, dimana ditempat ini bathin kami merasa puas walaupun hanya melihat miniatur-miniatur  tata cara melakukan ibadah haji". Ucap Nanang

dokpri
dokpri
Hal Serupa juga disampaikan oleh ketua Brionesia Gorontalo bahwa Destinasi kita kali ini sangat memberikan sebuah pengetahuan kita tentang rukun dan tata cara melakukan ibadah haji walaupun ini hanya merupakan miniatur saja, nakun sudah cukup menambah ilmu kita temtang ibadah haji. 

Usai mengunjungi spot yang tersedia di tempat tersebut, kedua komunitas melakukan kopdar gabungan dengan menyatukan program dimasing-masing komunitas khususnya menyambut bulan suci ramadhan nantinya. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x