Media

Linkungan Eksternal dalam Manajemen Strategik

17 Juli 2017   10:26 Diperbarui: 17 Juli 2017   10:33 182 0 0

Lingkungan Eksternal : Peluang, Ancaman, Persaingan Industri dan Analisis Kompetitor

2-1  The General , Industry , and Competitor Environments

General Environments adalah komposisi berbagai dimensi dalam masyarakat yang mempengaruhi industri dan perusahaan didalamnya. Pengelompokannya dibagi menjadi beberapa segmen yaitu : demografis, ekonomi, politik dan hukum, sosiocultural, teknologi, global, dan lingkungan fisik. Apa yang dapat dilakukan perusahaan yaitu menganalisis tren pada setiap segmen dan memprediksi efek terhadap aktivitasnya.

Lingkungan industri merupakan faktor yang mempengaruhi secara langsung perusahaan dan kompetisi didalamnya seperti: ancaman dari pendatang baru, kekuatan pemasok, kekuatan pelanggan, ancaman produk pengganti, dan intensitas persaingan antar perusahaan. Bagaimana perusahaan mengumpulkan dan menginterpretasikan informasi tentang kompetitornya disebut competitor analysis yang akan melengkapi pemahaman lingkungan industri secara umum.

2-2 External Enviromental Analysis

Ambiguitas dan ketidaklengkapan data lingkungan umum menjadi masalah perusahaan sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan pemahaman yang dapat ditempuh dengan external enviromental analysis. Tahapan analisis yang dilakukan ada empat, antara lain scanning, monitoring, forecasting, dan assesing.

  • Scanning : Scanning sangat penting bagi perusahaan untuk memahami tren secara umum dan memprediksi dampaknya.
  • Monitoring : Melalui monitoring analis dapat mengobservasi perubahan lingkungan untuk melihat tren penting yang sedang berkembang dari beberapa tren hasil scanning. Scanning dan monitoring menyediakan informasi bagi perusahaan, mentransfer pengetahuan tentang pasar dan bagaimana mengkomersialisasikan secara sukses teknologi terbaru yang sedang dikembangkan.
  • Forecasting : Analis mengembangkan proyeksi yang mungkin terjadi dan kecepatan deteksi hasil dari peristiwa dan tren berdasarkan scanning dan monitoring. Sebagai contoh analis dapat memprediksi waktu yang dibutuhkan bagi teknologi termutakhir mencapai pangsa pasar
  • Assesing : Assesing bertujuan untuk menentukan waktu dan signifikansi dampak perubahan lingkungan dan tren yang diidentifikasi. Assesing dapat menentukan apakah tren tersebut menjadi ancaman atau kesempatan bagi perusahaan.

2-3 Segments of the General Environment

  •  The Demographic Segment

               Segmen ini terfokus pada ukuran populasi, struktur usia, distribusi geografis, bauran etnik, dan distribusi pendapatan.

  • The Economic Segment
  • Kondisi ekonomi mempengaruhi bagaimana potensi ataupun kompetisi yang sedang berjalan bagi suatu perusahaan. Dengan memantau kondisi ekonomi, perusahaan mampu memprediksi tren dan efeknya bagi aktivitas usaha yang dilakukan.
  • The Political/Legal Segment
  • Segmen ini terfokus pada bagaimana usaha organisasi mempengaruhi pemerintah dan memahami dampaknya bagi kompetisi yang terjadi. Biasanya perusahaan mengembangkan strategi politik seperti pendekatan apa yang hendaknya dilakukan agar kesepakatan berjalan sukses.
  •  
  • The Sociocultural Segment
  • Segmen sosiokultural terfokus pada perilaku masyarakat dan nilai budaya. Perilaku dan nilai ini mempengaruhi faktor demografis, ekonomi, politik dan hukum, serta perkembangan teknologi. Perusahaan harus memiliki pandangan bahwa keberadaannya bukan berada dalam wilayah terisolasi, namun terhubung dengan masyarakat disekitarnya.
  • The Technological Segment
  • Perkembangan teknologi yang pesat beserta risikonya menjadi pembelajaran penting bagi perusahaan agar mampu bertahan dalam pasar. Perusahaan hendaknya tetap memindai lingkungan secara umum untuk mengidentifikasi substitusi teknologi saat itu, atau mengembangkan teknologi yang dimiliki demi mencapai competitive advantage.
  • The Global Segment
  • Segmen global mencakup pasar global baru, perubahan pasar yang ada, kejadian penting politik internasional, dan budaya kritis serta karakteristik pasar global. Ketika mempelajari pasar global, perusahaan harus mengenali opportunitydan threatuntuk memasuki pasar yang juga menjadi taget pasar pesaingnya. Globalfocusingbiasanya digunakan perusahaan dengan operasi internasional level menengah yang terfokus pada pasar global terbatas. Pendekatan ini mendorong perusahaan membangun dan menggunakan core competenciesdi samping membatasi risiko yang dihadapi. Cara untuk membatasi risiko dapat dilakukan dengan beroperasi fokus pada wilayah tertentu sehingga akan mempersulit pesaing masuk dalam pasar.
  • The Physical Environtment Segment
  • Segmen lingkungan fisik berkaitan dengan potensi dan perubahan fisik lingkungan dan praktik bisnis yang cenderung terpengaruh oleh perubahan tersebut. Ekologi, sosial, dan ekonomi berinteraksi dengan perusahaan dan menjadi bagian tidak terpisahkan dengan masyarakat global. Perusahaan melakukan aksi yang mendukung lingkungan seperti corporate social responsibilitydemi keberlanjutan aktivitas perusahaan.