Mohon tunggu...
Rio Redondo
Rio Redondo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Andal

Mahasiswa Teknologi Informasi UIN Walisongo Semarang. Semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tugas Guru Bukan Hanya Mentransfer Sebuah Ilmu

25 November 2022   15:31 Diperbarui: 25 November 2022   15:34 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Guru SD (Sekolah Dasar) | jatimnet.com

Guru merupakan sebuah profesi yang sangat mulia, Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa adalah benar adanya. Dilansir dari pikiran rakyat bekasi.com pahlawan tanpa tanda jasa adalah sebagai orang yang berani dan rela berkorban tanpa memikirkan timbal balik.

Ki Hajar Dewantara pernah berkata "Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah" Walaupun kata-kata tersebut tidak disetujui beberapa orang tapi kata tersebut juga ada benarnya juga.

Walaupun semua orang bisa menjadi seorang guru, tapi tidak semua orang bisa menjalankan peran guru dengan baik. Karena menjadi seorang guru bukan hanya sekedar memiliki sebuah pengetahuan saja tapi juga harus memiliki rasa sabar yang tinggi, akhlak  yang baik bahakan lebih dari itu.

Diperayaan hari guru nasional yang biasa diperingati setiap tahun pada tanggal 25 November merupakan sebuah momentum untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa guru yang sangat luar biasa.

Walaupun tugas guru terkesan hanya memberi sebuah pengetahuan saja, tetapi guru juga harus wajib mengarahkan pengetahuan tersebut kearah yang lebih baik agar pengetahuan itu juga disalurkan untuk hal-hal yang baik.

Sedangkan menurut UU No 14 Tahun 2015 Tentang Guru dan Dosen, pengertian guru adalah tenaga pendidik profesional yang memiliki tugas utama untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Bahkan KH. Dimyati Rois juga pernah berkata "Jika anda menjadi guru hanya sekedar transfer pengetahuan, akan ada masanya anda tidak lagi dibutuhkan . Karena Google lebih cerdas dan lebih tau banyak hal dari pada anda. Namun jika anda menjadi guru juga mentransfer adab, ketakwaan, dan keikhlasan, maka anda akan selalu dibutuhkan, karena Google tidak punya itu semua." (ig @ulama.nusantara)

Jika dicermati secara mendalam, perkataan tersebut memang sangat tepat bahwa tugas guru bukan hanya mentransfer pengetahuan saja, sebab pengetahuan memang harus dibarengi dengan adab dan perbuatan yang baik pula.

Yang terpenting bagi sorang guru bukan hanya menyampaikan pengetahuan saja tapi juga harus ikhlas dalam menyampaikannya dan mempunyai niat yang baik untuk mendidik dan menyampaikan sebuah ilmu pengetahuan.

Selamat hari guru nasional 25 November 2022. Jasamu akan selalu dikenang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun