Mohon tunggu...
Rio Febrian (RioDeNers)
Rio Febrian (RioDeNers) Mohon Tunggu...

Nursepreneur | Event Planner | Writer "Nursepreneurship: Gagasan & Praktik Kewirausahaan dalam Keperawatan" http://www.riodeners.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Peluang Usaha di Bidang Keperawatan (Bagian 2)

29 November 2015   09:32 Diperbarui: 29 November 2015   10:11 332 0 0 Mohon Tunggu...

Peluang usaha di bidang keperawatan juga bisa kita dapatkan dengan memahami fakta dan kecenderungan pola kesehatan masyarakat. Fakta tentang pola kesehatan masyarakat yang ada pada masa lalu, saat ini dan analisis prospek kebutuhan kesehatan masyarakat di masa yang akan datang merupakan kajian penting yang harus diketahui seorang nursepreneur dalam membaca peluang usaha. Saat ini telah terjadi suatu trend kecenderungan perubahan transisi pola kesehatan masyarakat. Perubahan tersebut nampaknya akan terus berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan mempengaruhi pola hidup masyarakat. Fakta-fakta perubahan tersebut (Sutarna, 2014) meliputi:

1. Perubahan Epidemiologi

Dahulu kebanyakan penyakit dikarenakan oleh infeksi. Seiring dengan keberhasilan suatu pelayanan, lingkungan saat ini sudah menjadi baik dan pencegahan terhadap sumber infeksi sudah dapat terkontrol maka penyakit infeksi pun dapat ditekan. Akan tetapi, masalah tersebut tidak selesai sampai disana karena timbul masalah baru yaitu masalah degeneratif. Penyakit infeksi telah bergeser dan berubah menjadi penyakit degeneratif yaitu penurunan fungsi organ.

"Pada kondisi epidemiologi ini terjadi perubahan pola penyakit."

Bahkan saat ini ada penyakit tanpa nama dengan gejala yang tidak jelas. Diberi obat pada gejala yang satu, timbul gejala yang lain. Gejala yang lain diberi obat, timbul gejala baru. Bahkan kadang-kadang mengacaukan dan mengaburkan gejala serta mengaburkan diagnosa. Sungguh sulit menemukan obat untuk masalah tersebut.

2. Perubahan Demografi

Perubahan ini berkaitan dengan kependudukan. Jika dahulu kondisi dan komposisi kependudukan kita digambarkan bentuknya seperti candi Borobudur (puncaknya kecil bawahnya besar), namun saat ini berubah menjadi bentuk candi prambanan (kedua ujung sama besar). Artinya,

"Dahulu jumlah orang-orang usia lanjut lebih sedikit dibandingkan anak-anak karena umur harapan hidup lebih pendek, manusia sudah meninggal sebelum tua."

Namun karena faktor kemajuan ekonomi, teknologi dan ilmu pengetahuan maka gizi semakin membaik sehingga jumlah orang usia lanjut lebih banyak dibandingkan anak-anak. Berarti harapan hidup panjang usia di Indonesia sudah semakin baik. Hanya pola hidup yang berubah, tidak jelas dan salah.

3. Perubahan Geografi

Perubahan ini berkaitan dengan kondisi lingkungan. Saat ini, kecenderungan masyarakat urbanisasi (dari kampung pindah ke kota) semakin meningkat dan  membawa dampak kepadatan penduduk, polusi, serta masalah sosial yang menyangkut masalah kesehatan. Selain itu, akibat dari kondisi perubahan tersebut, jumlah orang-orang usia lanjut pun meningkat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x