Mohon tunggu...
Rio Aditya Ermindo
Rio Aditya Ermindo Mohon Tunggu... Sharing is caring

Mayanesia.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Apa Itu Resesi? Apa Dampak dan Peluangnya bagi Masyarakat?

14 Desember 2020   12:57 Diperbarui: 14 Desember 2020   16:00 138 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu Resesi? Apa Dampak dan Peluangnya bagi Masyarakat?
Unsplah.com @kyllik

Pandemi Covid-19 membawa dampak yang luar biasa buruknya --- Suhariyanto (BPS 2020)

Pandemi yang disebabkan oleh virus covid19, hingga saat ini belum memiliki titik terang kapan akan berhenti (14/12/20). Pandemi tidak hanya mempengaruhi kondisi social dan kesehatan masyarakat.

Pandemi Covid19 juga mempengaruhi kondisi perekonomian masyarakat biasa hingga perekonomian negara. Tercatat ada beberapa negara yang telah secara resmi mendeklarasikan diri mengalami resesi ekonomi, sebut saja Singapura, Italy, Korsel, hingga Amerika.

Indonesia sendiri sudah mendeklarasikan diri menjadi negara yang ikut terdampak ekonominya dari covid19, resesi ekonomi tidak dapat terelakkan dari Indonesia tercatat resmi memasuki masa resesi ekonomi pada 6 Nov 2020.

Pertanyaan pun muncul di benak masyarakat umum termasuk saya sendiri, seperti apa itu sebenarnya resesi ekonomi dan seperti apa tanda resesi sebelum terjadi ? hingga apa dampak dan peluang yang data dirasakan oleh masyarakat umum ?

Pada kesempatan ini, saya akan membahas sedikit tentang apa dan bagaimana tanda  resesi dapat terjadi hingga dampak dan peluang yang dapat dirasakan masyarakat umum.

Secara sederhana resesi adalah penurunan aktivitas ekonomi secara drastis, selama beberapa bulan berturut turut pada umumnya pakar ekonomi akan mengkasifikasikan teradinya resesi ekonomi apabila penutunan aktivits ekonomi sudah terjadi sleama 2 kwartal berturut turut

Banyak pihak yang beranggapan bahwa resesi ekonomi hanya dapat dipastikan dengan melihat data kwartal pertumbuhan GDP suatu negara. Namun sebenarnya resesi dapat kita rasakan dan perkirakan sebelum data kwartala GDP keluar dengan melihat data penggerak ekonomi lain yang dapat di akses laporannya tiap bulan.  

Factor penggerak ekonomi lain yang dapat dipergunakan untuk memprediksi resesi akan terjadi adalah data tingkat pengangguran, tingkat pendapatan masyarakat, kondisi industry manufaktur, dan tingkat penjualan retail suatu negara.

Dengan menganalisa data tersebut kita dapat memperkirakan kemungkinan terjadinya resesi jauh sebelum data pertumbuhan GDP keluar, karena data tersebut pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat ertumbuhan GDP.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN