Mohon tunggu...
Rio Aditya Ermindo
Rio Aditya Ermindo Mohon Tunggu... Sharing is caring

Mayanesia.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Prioritas dan Peluang di Masa Pandemi Covid-19

20 September 2020   12:14 Diperbarui: 20 September 2020   16:05 119 17 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Prioritas dan Peluang di Masa Pandemi Covid-19
Images : Unsplash.com @morningbrew

Saat ini belum ada pengobatan khusus yang efektif untuk infeksi virus corona baru. Vaksin mungkin baru bisa tersedia 18 bulan ke depan (2021) - covid19.go.id

Tahun 2020 sudah memasuki pertengahan bulan september, Pandemi yang disebabkan oleh Covid-19 dewasa ini belum kunjung menunjukkan kabar akan berhenti.

Perkembangan vaksin untuk mengatasi pandemi covid19 pun masih dalam masa uji coba dan belum dapat digunakan secara umum oleh masyarakat luas.

Dengan belum adanya vaksin yang dapat dipergunakan secara luas oleh masyarakat, praktis rasa aman pun belum muncul dan kegiatan ekonomi belum dapat kembali seperti sedia kala.

Maka mau tidak mau, suka tidak suka kita harus melakukan adaptasi terhadap kondisi yang sedang kita hadapi semasa pandemi ini muncul.

Dalam setiap kondisi kita dihadapkan oleh 2 pilihan besar dalam kehidupan, pilihan tersebut adalah prioritas dan peluang.

Maka perencanaan keuangan itu perlu untuk membuat skala prioritas dan peluang kita dalam menjalani kehidupan sehari hari secara proporsional.

Prioritas yang sebaiknya kita persiapkan dan jalankan dalam menghadapi pandemi covid19 adalah menyiapkan dana darurat keluarga dan melakukan upaya financial agar dapat menjaga kesehatan keuangan kita masing masing.

Image : Unsplash.com @franagain
Image : Unsplash.com @franagain
Pasok properti sudah tinggi, namun masih banyak orang yang belum mempunyai rumah karena belum mau atau belum mampu membeli rumah. Di tengah kondisi pasar properti yang masih lesu, pasar tengah berpihak pada konsumen alias bersifat buyer market --- Mutiara Nabila - Bisnis.com 

Kita ketahui bersama bahwa pandemi berdampak pada berbagai sektor di tanah air, dan properti menjadi salah satu sektor yang terdampak oleh covid-19.

Data menunjukkan bahwa kondisi sektor properti sudah mengalami perlambatan dari tahun 2019 dan daya beli masyarakat turun akibat pandemi covid19 di tahun 2020.


Membuat sektor properti dalam kondisi buyers market, kondisi ini membuat buyers atau pembeli memiliki daya tawar yang lebih tinggi dibanding penggembang atau developers.

Pada tahun 2020, baik pengembang maupun stakeholders banyak memberi fasilitas kepada calon pembeli properti.

Fasilitas yang ditawarkan oleh developers antara lain fleksibilitas cara bayar, bunga KPR yang menarik, diskon, hingga bonus yang bisa didapatkan oleh pembeli jika membeli properti

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN