Mohon tunggu...
Rio Notoaryowibowo
Rio Notoaryowibowo Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Suka Baca Buku dan Jalan2x kemana aja

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Suasana Korea Utara dari Lensa Video Warga Indonesia

14 Juli 2016   17:39 Diperbarui: 14 Juli 2016   21:02 125 6 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi: plus.google.com/jakaparker

Mendengar nama Korea, kita akan langsung terbesit dengan dunia hiburan yang berasal dari Korea Selatan yaitu K-Pop, film atau fashion. Tetapi, bagaimana dengan tetangga Korea Selatan? Yup, Korea Utara dengan ibu kota terbesarnya Pyongyang.

Korea Utara adalah negara yang sangat tertutup bahkan sangat jarang bergaul di pentas internasional. Biar pun tertutup, negara ini memiliki kekuatan militer yang sangat kuat bahkan ditakuti seluruh dunia yaitu dengan senjata pemukulnya nuklir.

Saya di sini bukan membahas kekuatan militer Korea Utara, tetapi mengajak nonton video kehidupan masyarakat Korea Utara melalui kanal Youtube yang direkam oleh warga negara Indonesia bernama Jaka Parker. Saya suka banget buka youtube ketika usai bekerja, video yang saya buka biasanya dunia militer, suporter sepak bola, transportasi umum dan video klip.

Mulai awal buka Youtube saya mencari tentang transportasi umum terutama kereta bawah tanah atau MRT dan saya pun penasaran dengan perkembangan moda transportasi umum di Korea Utara. Saya kaget ketika melihat video dari Korea Utara, mereka memiliki kereta bawah tanah, meskipun tampak kuno atau jadul tapi bagi saya itu sudah bagus. Saya jadi mengerti kenapa harus ada kereta bawah tanah di negara Komunis, tempat bawah tanah tersebut dibangun untuk melindungi masyarakat jika terjadi perang.

Lanjut dari situ, saya melihat nama video yang menggunakan nama Jaka. Dari situ lah, saya mulai penasaran dengan nama Jaka yang berasal dari Indonesia. Akhirnya saya pun mengikuti video tentang Jaka Parker. Tetapi yang membuat saya bingung, bagaimana bisa merekam kegiatan di sana, apalagi kita tahu dari berbagai media, kalau merekam sembarangan dapat dikenakan hukuman oleh pemerintah setempat.

Ya sudahlah, mungkin Jaka Parker ingin berbagi kepada masyarakat luas. Kalau kehidupan di Korea Utara seperti ini, lebih tepatnya Pyongyang. Jaka Parker sempat tinggal di Pyongyang, ia pindah ke sana untuk menemani istrinya yang mendapat tugas dari kantor. Dan ia baru kembali ke Indonesia awal Maret 2016. Video yang direkam Jaka Parker meliputi tentang jalanan kota di Pyongyang, bersepeda, belanja sampai mengantar anaknya bersekolah.

Hasil rekaman video dan foto selama tinggal di Korea Utara, ia jual. Dan Jaka Parker sering dikontak media internasional seperti T-online. De (Jerman), NK News, Vocativ.com dan Business Insider. Sayang sekali, Video Jaka Parker naik transportasi umum seperti bus, tram dan kereta bawah tanah, belum ada. Ya, kita tunggu saja video lainnya tentang Jaka Parker saat tinggal di Korea Utara. Penasaran dengan video Jaka Parker? Ini salah satunya.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan