Mohon tunggu...
Rintar Sipahutar
Rintar Sipahutar Mohon Tunggu... Kemajuan sebuah bangsa ditentukan pendidikan berkualitas

"1 teladan lebih berharga daripada 1000 nasihat, 1 tindakan lebih berarti daripada 1000 omong kosong"

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Meminta PDIP Tidak Gagal Paham Ternyata Nasdem Benar-benar Gagal Paham

25 Juli 2019   06:00 Diperbarui: 25 Juli 2019   06:32 3929 13 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meminta PDIP Tidak Gagal Paham Ternyata Nasdem Benar-benar Gagal Paham
Dokumentasi : tempo.co

Jika Irma mengatakan Surya Paloh tidak berbicara mengenai 2024, Irma salah. Surya Paloh mengatakannya. Jika Johnny mengatakan dukungan NasDem kepada Anies adalah sebagai Cagub DKI, Johnny salah, Pilkada DKI berikutnya 2022, bukan 2024. Lagi pula pemimpin negeri ini bukan "gubernur Indonesia" atau "gubernur rasa presiden".

Pada pertemuan yang disebut "betul-betul kebetulan" antar Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kantor DPP Partai NasDem, Gondangdia Jakarta (24/7/2019), Surya Paloh mengatakan:

"Tahun 2024 kan tergantung Anies. Niatnya sudah pasti ada di situ, semua niat baik harus terjaga asal baik. Insyaallah apabila semua berjalan dan sesuai dengan harapan, dukungan itu kan tidak bisa hanya datang dari pada 1 kelompok, termasuk 1 institusi Parpol NasDem saja. Kita mengharapkan para pihak untuk anak bangsa ini memenuhi kapasitas dan kapabilitas pemimpin negeri ini," ucap Surya Paloh (detik.com, 24/7/2019)

Wajar saja jika pernyataan tersebut dimaknai PDIP sebagai bentuk dukungan NasDem kepada Anies Baswedan untuk pilpres 2024 nanti. Mendengar itu sontak saja PDIP merasa kaget dan kecewa.

Sekretaris Bidang Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari mengungkapkan rasa kekecewaannya dengan mengatakan manuver Surya Paloh mendukung Anies Baswedan mengagetkan dan mengecewakan.

Walau itu hak Surya Paloh tetapi Eva khawatir pernyataan seperti itu akan membuat polarisasi baru dan mewadahi residu-residu yang potensial mengganggu konsolidasi Jokowi dalam membersihkan residu-residu pemilu.

Menanggapi pernyataan kader PDIP tersebut, Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago meminta agar PDIP sebaiknya tidak gagal paham atas silaturahmi ketua umumnya, Surya Paloh dengan Anies Baswedan.

Menurut Irma, tidak ada kaitan pertemuan Anies dengan Surya Paloh terhadap dukungan NasDem pada Jokowi. Pertemuan silaturahim antara Surya Paloh dan Anies tidak dalam rangka bicara 2024 karena hal itu masih jauh.

Sekjen NasDem Johnny G Plate juga sudah mengklarifikasi soal pemberitaan dukungan Surya Paloh ke Anies. NasDem menegaskan Surya mendukung Anies sebagai gubernur DKI, bukan capres 2024.

***

Mencermati pernyataan Surya Paloh seperti tertera di atas, siapa sebenarnya yang gagal paham, PDIP atau Nasdem kah?

Dalam pernyataan tersebut adakah Surya Paloh berbicara mengenai: tahun 2024..., ...dukungan Parpol NasDem dan ...kapasitas dan kapabilitas pemimpin negeri ini?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x