Mohon tunggu...
Rintar Sipahutar
Rintar Sipahutar Mohon Tunggu... Kemajuan sebuah bangsa ditentukan pendidikan berkualitas

"1 teladan lebih berharga daripada 1000 nasihat, 1 tindakan lebih berarti daripada 1000 omong kosong"

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kedunguan Seorang Filsuf Dungu yang Lebih Hebat dari Rocky Gerung

27 April 2018   22:49 Diperbarui: 25 Desember 2018   16:52 12693 2 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kedunguan Seorang Filsuf Dungu yang Lebih Hebat dari Rocky Gerung
(Kata-kata bijak Socrates, kaskus.co.id)

Orang bodoh adalah orang yang tidak tahu bahwa dia tidak tahu. Sedangkan orang yang bijaksana adalah orang yang mengetahui bahwa dia tidak tahu. (Socrates)

Rocky Gerung adalah seorang "filsuf". Dia terkenal karena keberaniannya mengatakan bahwa "Kitab Suci itu fiksi" dengan segala dalilnya yang sukar dipahami oleh manusia yang waras.

Tidak hanya itu, lewat akun twitter @rockygerung, dosen UI yang mengaku sebagai profesor filsafat ini juga menulis:

  1. Saya tak melamar. Justru UI yg minta saya ngajar.
  2. Tak pernah UI beri surat berhenti. Saya yg nolak ngajar. Mengapa?
  3. Karena Filsafat UI dipimpin prof yg tak paham secuil pun filsafat. Ajaib? Silakan cek. Dungu juga UI.

Benar dan layakkah Rocky Gerung dijuluki sebagai seorang filsuf dengan segala perkataannya? Apakah pengertian filsuf itu menurut Rocky Gerung?

Filsuf adalah sebutan untuk ahli filsafat atau ahli pikir yang suka berfilsafat. 

Berfilsafat berarti melakukan kajian masalah umum dan mendasar tentang persoalan seperti eksistensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran, dan bahasa yang berintikan logika, etika, estetika, metafisika dan epistemologi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berfilsafat berarti melakukan penyelidikan yang menyeluruh mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal dan hukumnya dengan akal Budi.

Tiga orang Filsuf Yunani yang paling terkenal diantaranya: Socrates, Plato dan Aristoteles. Socrates adalah guru Plato dan Plato adalah guru Aristoteles. 

Tetapi kali ini yang akan kita bicarakan adalah Socrates sebagai filsuf tertua dari ketiga filsuf yang namanya tidak akan pernah terlupakan dari dunia filsafat sepanjang zaman.

Socrates merupakan guru dari gurunya Aristoteles. Tetapi anehnya, sejarah mencatat bahwa Socrates tidak pernah meninggalkan tulisan sebaris kalimat bahkan satu katapun hingga akhir hayatnya.

Socrates dikenal sebagai filsuf yang penuh dengan teka-teki dan membingungkan. Bagaimana orang mengetahui pemikiran Socrates jika beliau tidak meninggalkan tulisan berupa buku? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN