Mohon tunggu...
Rintan Varadilla
Rintan Varadilla Mohon Tunggu... Manusia biasa

Venus yang sedang mencari Mars.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN UM : Pemasangan Nama Jalan Desa Bancar oleh Mahasiswa Pengabdian

5 Juli 2020   12:18 Diperbarui: 5 Juli 2020   17:00 29 2 0 Mohon Tunggu...

Ponorogo - Pada hari Senin (29/6) kemarin, mahasiswa KKN UM di Desa Bancar melakukan pemasangan plang nama jalan di beberapa jalan di Desa Bancar. Kegiatan ini sudah dicanangkan sejak awal kedatangan mahasiswa di Desa Bancar dan menjadi salah satu proker kelompok yang dilakukan mahasiswa. 

Kepala Desa, Bapak Agus Sudarmono telah meminta bantuan mahasiswa untuk membuatkan plang nama jalan di wilayah desa Bancar. "Beberapa sudah ada namanya, namun belum memiliki tanda yang menunjukkan jalan tersebut", terang beliau dalam sebuah perbincangan dengan mahasiswa. 

Tidak tunggu lama, dengan perencanaan yang tepat dan efisien mahasiswa segera mengerjakannya. Mulanya, mahasiswa membeli plat dengan ukuran kurang lebih 2x1 meter, kemudian di potong-potong menjadi ukuran tertentu sesuai kebutuhan. Plat ini kemudian dicat dan dipasangkan pada besi penyangga dengan cara dilas. 

Setelah pengelasan, plang yang sudah terbentu kemudian diberi tulisan sesuai keterangan nama jalan beserta nomor RT dan RWnya. Butuh kerjasama yang baik antar mahasiswa untuk membuatnya, mengingat cetakan tulisan yang dibuat dengan sederhana namun penuh ketelitian. Hasilnya pun juga bermacam-macam, namun yang jelas plang yang dibuat memiliki tingkat keterbacaan yang jelas. 

dokpri
dokpri
Pemasangan dilakukan di bawah terik sinar matahari langsung. Sehingga jangan ditanya lagi seberapa besar perjuangannya. Setiap satu plang nama jalan, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memasangnya. Estimasi waktu ini sudah termasuk pembuatan fondasi, pengecoran, hingga pemasangannya. Respon warga cukup antusias dengan banyaknya warga setempat yang memberikan saran mengenai pemasangannya. Pemasangan plang nama jalan ini diharapkan berdampak positif untuk masyarakat dan pemerintahan.

Semangat mahasiswa!

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x