Mohon tunggu...
Rinta Larasati
Rinta Larasati Mohon Tunggu... Guru - Guru

pendidik dan orangtua yang bersamaan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Menerapkan Model Project Based Learning (PjBL)

9 Desember 2022   20:29 Diperbarui: 10 Desember 2022   20:21 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

A. Kondisi yang Menjadi Latar Belakang Masalah

Motivasi belajar peserta didik di Sekolah saya masih rendah. Secara umum hal ini disebabkan oleh penyampaian materi dari guru kurang dipahami oleh peserta didik, guru juga kurang memberikan stimulus dan umpan balik. Oleh karena itu anak menjadi cepat bosan dan kurang bersemangat. Hal ini terlihat dari sikap peserta didik yaitu:

  • Peserta didik sering izin keluar kelas
  • Suka bermain saat proses pembelajaran berlangsung
  • Peserta didik enggan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru
  • Peserta didik tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru
  • Kondisi tersebut semakin kompleks dengan rendahnya implementasi guru dalam menggunakan media pembelajaran dan model pembelajaran inovatif di kelas. Guru juga belum memberikan perhatian dan melakukan pendekatan yang intensif kepada peserta didik dalam pembelajaran

B.  Alasan Praktik Ini Penting Untuk Dibagikan:

  • Praktik ini penting untuk dibagikan karena banyak guru termasuk rekan kerja di lingkungan tempat saya mengajar mengalami permasalahan seperti saya. Besar harapan saya praktik ini selain dapat memotivasi diri saya sendiri untuk mengajar lebih baik lagi, juga dapat memotivasi serta menjadi referensi guru lain untuk menggunakan media pembelajaran dan model pembelajaran yang inovatif.

C. Tantangan Untuk Mencapai Tujuan Dalam Kegiatan Ini:

      1. Tantangan dari peserta didik

  • Peserta didik masih belum terbiasa melakukan diskusi kelompok
  • Peserta didik belum pernah melakukan presentasi di hadapan teman-temannya
  • Peserta didik belum terbiasa dengan pengerjaan LKPD yang menuntut peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif

    2. Tantangan dari guru

  • Meningkatkan kemampuan mengolah pembelajaran yang inovatif
  • Mengintegrasikan TPACK dalam kegiatan pembelajaran
  • Memilih media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi pembelajaran

D. Pihak yang Terlibat untuk Mencapai Tujuan

Pihak yang terlibat dalam mencapai tujuan tersebut terdiri dari pengawas yang memberikan solusi, kepala sekolah yang mendukung dan memfasilitasi kegiatan yang dilakukan guru, rekan sejawat yang memberikan masukan dalam perbaikan pembelajaran, orang tua peserta didik yang mendukung dan memantau proses belajar anak dirumah, dan peserta didik itu sendiri yang menjadi target dalam peningkatan hasil belajar demi tercapainya motivais belajar peserta didik dalam proses pembelajaran

E. Langkah-Langkah/Strategi yang Dilakukan Untuk Menghadapi Tantangan:

Menerapkan model Project Based Learning, dalam proses pembelajaran ini ada 6 tahap yang akan diterapakan yaitu:

Tahap 1: Menentukan Pertanyaan mendasar

  • Strategi yang digunakan adalah peserta didik diminta untuk mengamati video tentang seorang anak yang gemar bersepeda di pagihari melalui powerpoint. Guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik tentang apa saja yang dilihat oleh peserta didik dalam video, hal ini bertujuan untuk memudahkan peserta didik menemukan permasalahan yang terdapat dalam video dan meminta peserta didik untuk memikirkan solusi yang tepat terhadap masalah yang ditemukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun