Mohon tunggu...
Rino Andreas
Rino Andreas Mohon Tunggu... Penulis

Der Aufklärung

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Perang Wacana dalam TV Series Chernobyl

18 Juni 2019   10:29 Diperbarui: 20 Juni 2019   15:49 0 4 1 Mohon Tunggu...
Perang Wacana dalam TV Series Chernobyl
(credit: HBO.com)

Setelah sukses dengan Game of Thrones, HBO kembali menayangkan miniseri yang berjudul Chernobyl pada 6 Mei 2019. Chernobyl adalah miniseri televisi drama sejarah yang ditulis oleh Craig Mazin dan disutradarai oleh Johan Renck. 

Miniseri ini dibuat berdasarkan atas kerja sama televisi kabel AS HBO dan televisi kabel Britania Sky. Drama TV yang terdiri lima bagian ini merupakan film klasik yang memiliki berperingkat tertinggi sepanjang masa di IMDb, telah ditonton oleh jutaan orang di AS dan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Chernobyl menceritakan bencana pembangkit listrik tenaga nuklir yang bernama Chernobyl yang terjadi di Republik Sosialis Soviet Ukraina. Serial drama yang berdasarkan kisah nyata itu menggambaran rentetan peristiwa, sebelum bencana hingga pasca-bencana terjadi, dan persidangan terhadap pihak yang bertanggung jawab dalam peristiwa tersebut.

Bencana Chernobyl dimulai ketika dilakukan pengujian sistem nuklir pada tanggal 26 April 1986 di pembangkit reaktor nomor 4 yang letaknya di dekat daerah Pripyat. Pada waktu itu, terjadi lonjakan energi secara tiba-tiba. 

Para ahli mencoba mematikan reaktor melalui tombol darurat (AZ-5), namun yang terjadi lonjakan daya sangat tinggi yang menyebabkan tangki reaktor pecah diikuti serangkaian ledakan. 

Kejadian ini melepaskan moderator neutron grafit inti reaktor ke udara, sehingga terlihat menyala di kejauhan. Kebakaran yang terjadi karena ledakan berlangsung seminggu penuh, melepaskan debu partikel radioaktif ke atmosfer secara meluas dan mengancam sebagian besar Eropa. Chernobyl menjadi salah satu kecelakaan nuklir terburuk di dunia.

Kurang lebih tiga puluh orang tewas dalam ledakan itu atau meninggal setelah terkena paparan radiasi. Sementara ribuan orang dalam beberapa tahun kemudian, berisiko besar menderita penyakit seperti kanker, kerusakan sel tubuh, kerusakan kulit, maupun gangguan perkembangan anak karena efek jangka panjang kontaminasi. 

Angka tepat korban Chernobyl belum bisa dipastikan dan masih menjadi perdebatan. 

Pemerintah Soviet pun menetapkan zona ekslusi Chernobyl dengan radius 30 kilometer. Zona ekslusi dibuat untuk membatasi akses ke daerah berbahaya, serta mengurangi penyebaran dan pencemaran materi radioaktif.

Perang Wacana
Secara umum Uni Soviet dan AS memiliki kultur politik, ekonomi, sosial-budaya yang berbeda dan bertentangan. Uni Soviet merupakan negara yang berdiri berdasarkan prinsip Marxisme-Leninisme yang menentang penindasan, anti kapitalis, dan berusaha menciptakan masyarakat setara tanpa kelas. 

Sedangkan Amerika merupakan negara dengan faham liberalisme-kapitalisme, sistem yang menciptakan hierarki kelas proletar dan borjuis atau pemilik modal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x