Mohon tunggu...
Rini Widiastuti
Rini Widiastuti Mohon Tunggu... hermosa vida

Meski sulit dan membuat frustrasi, saat terus berusaha pasti berhasil.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Produktif Selama Pandemi Dengan Kegiatan Magang Mahasiswa

9 Desember 2020   02:13 Diperbarui: 9 Desember 2020   21:38 247 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam hal ini mahasiswa berkesempatan untuk melaksanakan program magang yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas AMIKOM Yogyakarta. 

Meskipun ditengah-tengah pandemi Covid-19 dengan masa new normal seperti ini, mahasiswa tetap aktif dalam menjalani program magang dengan melalui proses dan perjuangan yang cukup sulit untuk dilakukan dimasa seperti ini. Karena adanya pandemi Covid-19 tahun 2020 ini banyak perusahaan yang tidak menerima mahasiswa magang.

Akan tetapi mahasiwa peserta magang telah di sambut dengan baik oleh perusahaan PDAM Sleman. Sehingga mahasiswa dapat melakukan program magang di kantor PDAM.

Mahasiswa ditempatkan di kantor wilayah cabang yaitu di PDAM Sleman Cabang Depok, yang merupakan salah satu unit operasional dari PDAM Tirta Sembada. Kegiatan magang mahasiswa ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2020 s.d 12 September 2020.

Menurut wikipedia, bahwa Perusahaan Daerah Air Minum atau biasa disebut dengan PDAM adalah salah satu usaha milik daerah atau BUMD. PDAM bergerak dalam distribusi air bersih untuk masyarakat umum. 

Perusahaan ini terdapat disetiap provinsi, kabupaten, dan kotamadya diseluruh Indonesia. Perusahaan daerah ini sebagai sarana penyedia air bersih yang diawasi dan dimonitor oleh aparat-aparat eksekutif maupun legistalif daerah.

Salah satunya adalah PDAM Tirta Sembada yang terletak di Kabupaten Sleman yang mempunyai 17 unit operasional yang berada dibawah kantor cabang. 

Dari 17 unit operasional tersebut salah satunya adalah PDAM Sleman Cabang Depok yang merupakan salah satu perusahaan daerah sebagai pelayanan air bersih disuatu wilayah. PDAM Sleman Cabang Depok ini sendiri berlokasi di Daengan, Maguwoharjo Depok Sleman. Kegiatan magang ini diikuti mahasiswa secara rutin dengan kegiatan unit operasional di hari Senin sampai Sabtu pada jam masuk kerja 07.30 WIB dan jam selesai pukul 14.30 WIB.

Selama melaksanakan program magang ini mahasiswa tetap menaati protokol  kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah, dengan tetap memakai masker, membawa hand sanitizer, dan sebisa mungkin tetap menjaga jarak dengan orang lain untuk menjaga agar kita dan orang lain tetap sehat.

Dalam menjalani program magang ini mahasiswa ditempatkan di divisi administrasi dan keuangan karena sesuai dengan bidang yang pernah dipelajari dalam teori perkuliahan. Sehingga mahasiswa tidak terlalu sulit untuk memahami apa yang akan dikerjakan dan dipelajari. 

Mahasiswa dalam divisi ini melaksanakan tugasnya dengan mempelajari mengenai bagaimana penerimaan kas yang ada di PDAM terdiri dari pembuatan jurnal penerimaan kas (JPK), penganggalan daftar rekening ditangguhkan (DRD), membuat laporan penerimaan harian air dan non air, membuat daftar saldo piutang langganan (DSPL) dan daftar saldo piutang langganan (DSPL) air lajur hingga menyiapkan surat penagihan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x