Mohon tunggu...
Rini DST
Rini DST Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang ibu, bahkan nini, yang masih ingin menulis.

Pernah menulis di halaman Muda, harian Kompas.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Permainan Engklek Menunjukkan Betapa Penting, Sulit, dan Nyaman Memiliki "Rumah" Sendiri

28 November 2021   18:42 Diperbarui: 30 November 2021   11:13 611 30 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Proses pembuatan permainan tradisional engklek menggunakan kapur di trotoar kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat (Sumber: Koalisi Pejalan Kaki/ Alfredo Sitorus via Kompas.com)

Kegiatan aku sehari-hari menemani cucu mengikuti sekolah daring di Kinderfield, Bandung. Setiap hari Senin hingga Jumat, jam 9.00 hingga jam 10.30 WIB. 

Ayah dan ibu yang merupakan dokter, harus bekerja di rumah sakit. Apalagi pandemi Covid-19 belum punah, jadi dokter masih merupakan pahlawan yang setiap hari diperlukan negara. 

Rencananya Kinderfield akan menyelenggarakan program hybrid pada term yang akan datang. Maksudnya meyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas dalam waktu dan kapasitas kelas yang mana waktu ditetapkan seminggu sekali. 

Kapasitas kelas tidak lebih dari 5 anak-anak.  Tentu saja untuk mereka yang berminat,  dengan persetujuan orang tua. 

Setiap orang tua harus menandatangani perjanjian yang cukup ketat. Isinya segala resiko akibat pandemi adalah tanggung jawab masing-masing orang tua. 

Permainan Engklek (Desain oleh Rini DST menggunakan Canva)
Permainan Engklek (Desain oleh Rini DST menggunakan Canva)

Dari 9 murid yang terdaftar dalam kelas daring, hanya cucuku Laras yang tidak mengikuti program PTM pada term yang akan datang. 

Alasan ibunya Laras yang merupakan anakku, masih ada pandemi dan anak-anak belum mendapat vaksin covid-19. Dan, mungkin juga, karena ada nini dan engki yang masih senang menemani Laras mengikuti kelas daring.

Bimbingan Belajar di Rumah

Laras dan Nini (Koleksi Pribadi)
Laras dan Nini (Koleksi Pribadi)

Sebetulnya sejak dulu, nini memang memberikan bimbingan belajar di rumah bagi banyak anak-anak. Jadi tidaklah heran, nini senang mendampingi Laras mengikuti kelas daring. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan