Mohon tunggu...
Rini DST
Rini DST Mohon Tunggu... Seorang ibu, bahkan nini, yang masih ingin menulis.

Pernah menulis di halaman Muda, harian Kompas.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Bagian Demi Bagian, Cara Aku Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga pada Masa Pandemi Covid-19

7 Juni 2021   23:10 Diperbarui: 7 Juni 2021   23:12 108 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagian Demi Bagian, Cara Aku Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga pada Masa Pandemi Covid-19
Pesona Rumah Tangga. Sumber gambar : Pixabay

Dalam mengurus rumah tangga, yang paling membutuhkan perhatian adalah membersihkan rumah. Dan perlu digaris bawahi pada masa pademi covid-19, sangatlah berbeda dengan masa sebelum ada pandemi. 

Memang belum tentu bagi semua orang umumnya, tetapi yang jelas khususnya bagi diriku. Pada masa pandemi covid-19, aku menyelesaikan pekerjaan rumah tangga tanpa bantuan asisten rumah tangga (ART). 

Perbedaan ada dan tiadanya ART, terutama dirasakan dalam membersihkan rumah. Dengan ada ART, dalam sehari dapat membersihkan rumah secara keseluruhan. Walaupun sebenarnya, ada pembagian kerja antara Ibu Rumah Tangga (IRT) dan ART.

Membersihkan tempat tidur dan cuci baju biasanya tugas IRT pada pagi hari. Barulah  mengelap--menyapu--mengepel bagian lain, menjadi tugas ART yang datang jam 08.00.  

Sesudah ART menikmati makan siang yang dimasak IRT, barulah mencuci alat dapur dan setrika.

Untungnya sekarang sehari-harinya, aku hanya berdua dengan suami. Jadi lebih mudah untuk sepakat tetap melakukan pekerjaan rumah tangga tetap setiap hari, dengan cara bagian demi bagian. 

Meletakkan Setiap Benda pada Tempat yang Sudah Ditentukan.

Meletakkan di tempatnya. Sumber gambar : Pixabay.
Meletakkan di tempatnya. Sumber gambar : Pixabay.

Saat membeli atau mengontrak rumah pertama kali, tempat pastilah menjadi pertimbangan utama. Di mana letak rumah tersebut. Apakah dekat sungai, yang nantinya mudah banjir. Atau dekat tebing, yang nantinya mudah longsor. Semua harus diketahui, untuk jadi pertimbangan amankah untuk ditinggali?

Lalu di mana letak segala bagian dari rumah. Misalnya ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi dan WC, dapur, gudang, kamar ART dan lain-lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN