Mohon tunggu...
Rini DST
Rini DST Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang ibu, bahkan nini, yang masih ingin menulis.

Pernah menulis di halaman Muda, harian Kompas.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Asiyah Perempuan dengan Jaminan Masuk Surga, Siapakah Dia?

3 Mei 2021   20:32 Diperbarui: 3 Mei 2021   20:40 757 17 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asiyah Perempuan dengan Jaminan Masuk Surga, Siapakah Dia?
Perempuan Mesir. Sumber gambar : Pixabay.

Pada suatu waktu di Kerajaan Mesir Kuno, ada masa Firaun memerintahkan untuk membunuh semua bayi laki-laki Bani Israil. Nabi Musa adalah bayi yang dilahirkan dalam tahun itu, bertepatan saat adanya perintah tersebut . Sedangkan kakaknya, Nabi Harun yang dilahirkan pada tahun sebelumnya, bertepatan saat tiadanya perintah tersebut. Memang dalam mengeluarkan perintah , Firaun memberlakukan secara bergantian tahun demi tahun.

Firaun adalah gelar untuk pimpinan keagamaan pada zaman Mesir Kuno, yang juga mengaku sebagai Tuhan. 

Mengapa Firaun mengadakan perintah membunuh bayi laki-laki Bani Israil yang lahir?

Karena Firaun bermimpi melihat api keluar dari Baitul Maqdis, Masjid Al Aqsha, yang memasuki rumah semua orang-orang di Mesir, kecuali rumah orang-orang Bani Israil. 

Juru tafsir mimpi mengatakan, bahwa akan ada kekuasaan Bani Israil yang akan membumihanguskan Firaun. Karena Itu Firaun tidak ingin adanya kelahiran seorang pemimpin dari Bani Israel. 

Karena tafsir mimpi? 

Sebaliknya seorang ibu dari Bani Israil yang melahirkan seorang bayi laki-laki, juga mendapat mimpi untuk menghanyutkan bayinya di Sungai Nil. Dengan meletakkan dalam sebuah kotak yang aman, sang ibu menghanyutkan bayinya di sungai terbesar di negara Mesir itu. 

Kakak perempuan bayi, Miryam, melihat kotak yang berisi adiknya tersangkut di semak-semak di istana Firaun. Istri Firaun yang sedang santai di tepi sungai bersama para dayangnya, memerintahkan untuk mengambil kotak tersebut. 

Langsung istri Firaun yang belum dikaruniai anak merasa takjub, dan ingin mengambil bayi yang ditemukan sebagai anaknya. Asiyah, nama istri Firaun yang ternyata tercatat sebagai salah satu wanita pilihan Allah, dibukakan pintu surga secara langsung. 

Pilihan Allah yang Maha Kuasa, Maha Tahu dan Maha Benar tak pernah salah. Ada beberapa kemuliaan yang dimiliki Asiyah, sebagai sebagai istri Firaun bengis yang menganggap dirinya Tuhan.

Nabi Musa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x