Mohon tunggu...
Rini DST
Rini DST Mohon Tunggu... Ibu Rumah Tangga - Seorang ibu, bahkan nini, yang masih ingin menulis.

Pernah menulis di halaman Muda, harian Kompas.

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Rindu 3 Doa pada Bulan Ramadan, Kenangan Indah yang Menakjubkan

28 April 2021   23:14 Diperbarui: 28 April 2021   23:26 1388
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berdoa. Sumber gambar : Pixabay.

Doa merupakan kata-kata yang diucapkan kepada Tuhan, untuk memohon pertolongan, perlindungan dan keberkahan. Sebetulnya Allah telah menjanjikan, semua doa akan dikabulkan. 

Tetapi ada sesuatu doa yang baik bagi kita, tetapi belum tentu baik bagi Allah. Dan tentunya doa yang yang dikabulkan, adalah yang baik bagi Allah.

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh keberkahan, bulan dikabulkannya doa. Tentu saja, asalkan kita melaksanakan segala kewajiban dan menjauhi larangan yang ditetapkan Allah.

Ada berbagai landasan yang digunakan untuk menuntun doa agar bisa dilaksanakan dengan baik, misalnya berdasarkan ayat-ayat Alquran. Ada juga berdasarkan hadis Nabi. 

Alquran adalah Kitab Suci agama Islam, hadis adalah catatan para sahabat Nabi Muhammad SAW tentang apa yang pernah dikatakan atau dicontohkan oleh Nabi.

Sepanjang pengalaman hingga saat ini, ada 3 peristiwa yang membuat aku selalu ingat beberapa ayat dari Alquran. Kadang-kadang juga suami yang selalu mengingatkan tentang ayat yang sangat penuh kenangan bagi aku. 

Surat Al Asr.

Surat ke 103 dalam Alquran, merupakan surat pendek pertama yang aku hafalkan, bahkan sebelum aku memutuskan menjadi mualaf. Jadi aku hafal surat Al Asr terlebih dahulu sebelum surat Al Fatihah.

Pada tahun 1983 aku yang sedang menyusun skripsi yang sulit, merasakan betapa surat Asr harus menjadi landasan hidup bagi seseorang yang ingin menghargai setiap waktu dalam hidupnya.

Surat Al Asr menyatakan Demi Masa, yang sebenarnya masa apa saja. Masa senang, sulit atau pun susah. Manusia akan dalam kerugian, kecuali mereka yang beriman. Mengerjakan amal saleh, saling menasihati untuk taat kepada kebenaran dan kesabaran.

Selain aku hafalkan dan aku tuliskan dalam halaman awal buku skripsi, aku selalu berusaha menjalankan dalam hari demi hari sepanjang perjalanan menapaki kehidupan. Insyaa Allah.

Ayat Kursi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun