Mohon tunggu...
Rini DST
Rini DST Mohon Tunggu... Seorang ibu, bahkan nini, yang masih ingin menulis.

Pernah menulis di halaman Muda, harian Kompas.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Bukber Virtual yang Menyenangkan Bersama Keluarga, Mungkinkah?

25 April 2021   20:43 Diperbarui: 25 April 2021   21:11 402 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bukber Virtual yang Menyenangkan Bersama Keluarga, Mungkinkah?
Menu berbuka puasa. Sumber gambar: Kompas.com

Buka puasa adalah acara yang sangat menyenangkan. Sejak matahari terbit telah menahan lapar, terdengarnya kumandang azan mahgrib sangatlah menggembirakan. Semuanya tua dan muda tak perlu ragu untuk menyegerakan berbuka puasa.

Bukber, buka bersama, sungguh lebih menyenangkan. Selain berbuka sudah menyenangkan, apalagi bersama orang-orang yang dicintai pasti akan lebih menyenangkan. 

Bukber pastinya bersama orang yang dicinta. Buka bersama di suatu tempat kebetulan sama, misalnya restoran, tapi dengan orang-orang yang tidak saling kenal tentunya namanya bukan bukber.

Sebaliknya berbuka bersama dengan teman-teman sekantor, walaupun ada yang belum saling kenal namanya tetap disebut bukber. Dan mengartikan teman sekantor, haruslah merupakan orang-orang yang dicinta dalam arti memiliki visi dan misi yang sama.

Pada masa pandemi covid-19, bukber dilarang. Kecuali di daerah dengan zone hijau. Lalu bagaimana degan bukber virtual? Apakah memungkinkan? Apakah akan menyenangkan?

Kebetulan ada seorang keluarga besar yang memiliki fasilitas penggunaan aplikasi zoom berbayar. Jadi beliau bisa menjadi host acara bukber virtual keluarga  dengan aplikasi zoom.

Ada saudara yang sejak dahulu memiliki kebiasaan mengirim kurma untuk semua keluarga besar. Biasanya dilakukan sebelum bulan Ramadan tiba, dengan tujuan untuk dinikmati selama bulan Ramadan. Tradisi mengirim kurma yang sudah sering dilakukan, memang termasuk untuk keluarga yang di luar negeri sekali pun. 

Karena ada pandemi covid-19, dan ada rencana menyelenggarakan bukber virtual keluarga. Kurma dijadikan salah satu penganan buber virtual dengan keluarga. 

Ada salah satu saudara lain yang mempunyai kebiasaan menerima pesanan rendang beku. Masing-masing keluarga wajib memesan minimal 1 porsi, yang nantinya akan menjadi makanan utama dalam acara bukber virtual keluarga. Tentu saja untuk pemesanan rendang ada kesulitan bagi keluarga yang tinggal di luar negeri. 

Aku sendiri bisanya membuat roti, jadi aku menjanjikan mengirim roti untuk keluarga yang ada di Indonesia. Aku mencoba ketangkasanku membuat "roti susu sederhana" dalam jumlah yang kira-kira mencukupi kebutuhan bukber virtual keluarga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN