Mohon tunggu...
Rini DST
Rini DST Mohon Tunggu... Ibu Rumah Tangga - Seorang ibu, bahkan nini, yang masih ingin menulis.

Pernah menulis di halaman Muda, harian Kompas.

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Ngabuburit dengan Berbagai Aplikasi, Asyik Juga

24 April 2021   21:11 Diperbarui: 24 April 2021   21:13 1103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perempuan dan aplikasi. Sumber gambar : Pixabay

Ngabuburit adalah kegiatan menunggu waktu berbuka puasa, yang ditandai dengan berkumandangnya azan Mahgrib. Ngabuburit berasal dari Bahasa Sunda, ngalantung ngadanguan burit yang artinya bersantai-santai menunggu sore. 

Pada bulan Ramadan 2021,  saat seluruh umat muslim dan muslimat menjalani ibadah puasa. Sangat wajar Kompasiana dalam acara Samber THR 2021, mengajak kompasianer untuk menceritakan tentang aplikasi favorit menarik untuk ngabuburit. 

Dunia belum bebas pandemi covid-19. Protokol kesehatan masih diberlakukan dimana-mana. Malahan dari 3M diperbanyak menjadi 5M. Diantaranya menjaga jarak-menjauhi kerumunan-mengurangi mobilitas, membuat banyak orang memanfaatkan berbagai aplikasi melalui gawai masing-masing.

Apa itu aplikasi?

Aplikasi adalah suatu perangkat lunak pada komputer memanfaatkan komputer untuk langsung melakukan tugas yang diperitahkan oleh pengguna komputer.

Bulan Ramadan pada masa pandemi, sulit disangkal makin banyak orang dan makin banyak kepentingan yang harus dijangkau dengan menggunakan aplikasi.

Kompasiana.

Sumber gambar : Kompasiana
Sumber gambar : Kompasiana

Dengan adanya ajakan Kompasiana untuk mengikuti event Samber THR 2021,  berlombalah para kompasianer menulis cerita dengan kategori Tebar Hikmah Ramadan. Berbagai aplikasi favorit mendampingi aku, agar tampilan cerita di Kompasiana menjadi menarik. 

  • Pixabay, suatu aplikasi mengunduh gambar yang bagus, dan ... gratis. Yang paling aku suka adalah karya Geralt, bila cocok dengan topik pastilah aku gunakan. Aku pernah mengambil gambar dari Google, ternyata dihapus oleh admin Kompasiana. Aku berterima kasih atas penghapusan dan pemberitahuan dari admin Kompasiana.

  • Canva, suatu aplikasi untuk membuat gambar. Dan tentu saja aku tetap menggunakan yang ... gratis. Aku belajar penggunaan aplikasi Canva dengan mengikuti "[A ti Z Kompasiana] Tips Bikin Infografis Sederhana untuk Konten Kamu".

  • KBBI Online, suatu aplikasi yang aku instal dari Play Store. Aplikasi ini sering aku gunakan untuk pengecekan apakah Bahasa Indonesia yang aku gunakan sudah benar atau belum.

Kewajiban.

Rumitnya membayar kewajiban. Sumber gambar : Pixabay.
Rumitnya membayar kewajiban. Sumber gambar : Pixabay.

Adanya aplikasi harus diakui mempermudah untuk melaksanakan kewajiban. Sekali pun ngabuburit semuanya tetap melaksanakan pembayaran kewajiban. 

  • Tokopedia, suatu aplikasi yang aku gunakan unruk membayar kewajiban PBB dan PDAM. Dan tentunya sering aku gunakan untuk membeli sesuatu yang aku perlukan yang dijual pemilik toko yang terdaftar di Tokopedia. 

Penggunaan aplikasi Tokopedia, gampang-gampang sulit. Sulitnya ada beberapa benda yang sebenarnya sama, tetapi ditawarkan dengan harga berbeda-beda oleh berbagai toko. Sehingga memerlukan ketelitian dan kesabaran para pengguna. 

Belanja.

Belanja. Sumber gambar : Pixabay.
Belanja. Sumber gambar : Pixabay.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun