Mohon tunggu...
Rini DST
Rini DST Mohon Tunggu... Seorang ibu, bahkan nini, yang masih ingin menulis.

Pernah menulis di halaman Muda, harian Kompas.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ramadan Tetap Diet, Diet Tetap Ramadan

23 April 2021   14:12 Diperbarui: 23 April 2021   14:12 267 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadan Tetap Diet, Diet Tetap Ramadan
Desain oleo Rini DST, menggunakan Canva.

Ramadan yang merupakan bulan berkah, umat muslim  dan muslimat menjalankan Rukun Islam ke-3  selama sebulan penuh. Menjalani puasa tidak makan, tidak minum dan tidak melakukan kegiatan yang menggairahkan seksual, sejak matahari terbit hingga matahari terbenam. 

Selama pandemi covid-19, dan tinggal di daerah zone merah. Kegiatan tadarus yang biasanya dilakukan di mesjid pagi hari setelah salat subuh, dilakukan di rumah masing-masing. Begitu juga dengan kegiatan tarawih yang biasanya juga dilakukan di mesjid pada malam hari setelah salat isya, dilakukan di rumah dengan berjamaah bersama keluarga. 

Menu makanan pada bulan Ramadan seharusnya tetap sama dengan menu sehari-hari. Bukankah pada bulan Ramadan atau pun sehari-hari sama harus sehat

Ada larangan makan dan minum pada siang hari, walaupun ada penurunan berat badan tetapi tetap sehat. Penurunan berat badan  pada masa Ramadan, bukanlah berarti diet. Lalu bagaimana jika sedang melakukan diet penurunan berat badan? Apakah ada aturan tertentu dalam melakukan puasa Ramadan?

Seharusnya tidak, begitu juga pada masa puasa Ramadan berat badan seharusnya tidak naik. Berat badan mengalami kenaikan pada masa Ramadan, disebabkan adanya kebiasaan tidur lagi  setalah makan sahur. 

Kalau soal diet, mungkin memang tergantung diet yang bagaimana yang sedang diikuti. Aku memang harus melakukan diet, sejak pernah jatuh dan ada sedikit gangguan punggung. Menurut dokter rehab medik, aku harus melakukan diet dan mengenakan korset.

Program diet yang diberikan oleh dokter, sama sekali tidak mengganggu kegiatan puasa Ramadan. Program dietnya tidak boleh makan gorengan dan tidak boleh makan  karbohidrat ganda

Program diet tidak boleh makan gorengan adalah sangat berat. Bayangin tidak bisa makan gorengan yang kesukaanku, bala-bala--perkedel jagung-- lumpia--resoles--kerupuk--rempeyek. 

Ada gorengan yang boleh, tetapi kayaknya karena sang dokter merasa kasihan. Apakah itu? Sambal pecel dan masakan bakmoi ayam. Asyik juga. 

Program diet karbohidrat ganda adalah tidak boleh makan nasi dengan lauk yang mengandung karbohidrat. Apakah itu? Misalnya makan nasi dengan lauk mie goreng, atau dengan lauk sambal goreng kentang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x