Mohon tunggu...
Rini DST
Rini DST Mohon Tunggu... Seorang ibu, bahkan nini, yang masih ingin menulis.

Pernah menulis di halaman Muda, harian Kompas.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Ada 4 Kebiasaan yang Membuat Keuangan Ramadan Cukup Stabil, Apakah Itu?

18 April 2021   22:19 Diperbarui: 18 April 2021   23:05 187 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada 4 Kebiasaan yang Membuat Keuangan Ramadan Cukup Stabil, Apakah Itu?
Bingung mengatur keuangan. Sunber gambar : Pixabay.

Kata banyak orang, "Uang bukan segala-galanya.

Tetapi kata banyak orang yang lain,"Segala-galanya perlu uang.

Bagi mereka yang masih mempunyai pekerjaan tetap, memang lebih mudah untuk menyatakan uang bukan segala-galanya. Karena setiap akhir bulan masih bisa mendapatkan uang. Tetapi sayangnya banyak orang sering lupa bahwa bisa mempunyai pekerjaan tetap yang baik perlu memiliki sikap dan keterampilan yang baik. Atau setidaknya punya hoki.

Sebagai pensiunan, atau istri pensiunan, justru akan lebih merasakan dalam kenyataannya segala-galanya memang perlu uang. Karena pensiunan adalah orang yang tadinya mempunyai pekerjaan baik, tetapi sekarang sudah mengalami pensiun.

Sebenarnya lain kalau bukan pensiunan, sekalian dari dulu tidak punya pekerjaan. Mungkin malahan selalu merasakan segala-galanya kok selalu perlu uang ya.

Jadi, benar-benar omong kosong pernyatan uang bukan segala-galanya!

Pada masa pandemi covid-19, banyak orang yang belum mencapai masa pensiun sudah harus kehilangan pekerjaan. Biasanya karena persahaan tempat bekerja terpaksa gulung tikar. Tentunya ada berbagai penyebabnya, yang membuat lesunya kegiatan ekonomi.

Sebenarnya Ramadan adalah peristiwa yang akan menggairahkan ekonomi. Karena itu masa pandemi covid-19, Ramadan juga akan mendongkrak perekonomian dengan melambungnya harga beberapa beberapa kebutuhan utama.

Para pelaku utama kegiatan Ramadan, yaitu ibu rumah tangga tentunya tak akan tega membiarkan keluarga yang sedang berpuasa kurang semangat dengan kurang meriahnya santapan buka dan sahur. Tetap belanja, walaupun harga melambung.

Agar keuanagan tetap stabil dalam masa Ramadan yang kebetulan berlangsung pada masa pandemi covid-19, sebaiknya yang masih mempunyai pekerjaan dan yang sudah pensiun memiliki 4 kebiasaan yang membuat selalu sabar dan selalu legawa. 

Bersyukur.

Bersyukur. Sumber gambar : Pixabay.
Bersyukur. Sumber gambar : Pixabay.
HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x