Mohon tunggu...
susi respati setyorini
susi respati setyorini Mohon Tunggu...

Pengajar, mencoba mencerdaskan diri melalui proses menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mencari Faktor X Mapel Pilihan UN

5 November 2017   16:10 Diperbarui: 5 November 2017   16:56 0 0 0 Mohon Tunggu...

Agenda tahunan institusi pendidikan bernama sekolah dimulai. Apalagi bagi sekolah penyelenggara UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) kesibukannya sudah mulai terasa. Memasang kabel, menyiapkan jaringan hingga server sudah dimulai jauh hari. Hal ini dilakukan tentu agar nantinya pelaksanaan ujian nasional berjalan tanpa hambatan.

Persiapan bukan saja sarana dan prasarana fisik saja. Namun, ada persiapan lain yang tak kalah mendesak seperti pendataan peserta ujian nasional. Pendataan yang dilakukan pihak sekolah biasanya melibatkan operator sekolah. Semua data digital harus sudah dikirim tepat waktu atau peserta didik batal mengikuti ujian nasional jika terlambat.

Pagi tadi, salah seorang operator sekolah berkirim pesan melalui whatshapp mengabarkan bahwa dari 98 siswa calon peserta ujian nasional jurusan IPA, 79 diantaranya memilih kimia menjadi mata pelajaran (mapel) pilihan.

Saya sebagai guru kimia tidak kaget dengan perolehan ini. Karena pada April lalu, kimia juga menjadi mapel pilihan terbanyak. Saya enggan mengatakan favorit.

Saya mencoba membandingkan dengan sekolah lain dalam satu kabupaten. Dari 10 sekolah saya dapatkan data beragam. Jika diambil rata-rata, biologi lebih dominan.

Saya mencoba menganalisa perbedaan yang terjadi. Ini disebabkan oleh faktor Mr atau Mrs alias 'gurunya'. Alasannya adalah :

1.Karena ramuan kokinya yang tidak sama. Walaupun bumbu dan bahannya sama kalau cara memasak berbeda akan berbeda pula kenikmatannya.

Jika rasa nikmat berbeda, wajar jika saya dan anda punya selera berbeda.

2.Kemampuan siswa yang berbeda. Mapel pilihan diserahkan kepada siswa sesuai kemampuannya. Bukan ditentukan oleh siswa. Dan pilihan ini tidak ada kaitan dengan jurusan saat kuliah nanti.

Dalam dua tahun pelaksanaan UNBK dengan mapel pilihan kimia sebagai mapel terbanyak peminatnya ini menjadikan saya untuk terus menggali kemampuan dalam mempersiapkan hajat tahunan Unbk dan Uasbn (ujian akhir sekolah berstandar nasional.

Dan untuk mapel yang tidak banyak pemilih mulai bemutar otak antara lain dengan memperbaikan 'racikan' menu saat memasak (bacanya di kelas)

Semoga tahun ini mapel kimia mempertahankan perolehan nilai yang juga tertinggi diantara mapel lain. Amin.