Mohon tunggu...
RINI MARINI
RINI MARINI Mohon Tunggu... Guru - seseorang yang berusaha lebih baik

Jangan tunggu hari esok Jika bisa selesai hari ini.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemanfaatan Media Elektronik sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi

25 Juni 2021   00:06 Diperbarui: 25 Juni 2021   00:12 912
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

PENDAHULUAN

Indonesia saat ini masih dilanda wabah infection Coronavirus. Hampir seluruh wilayah Indonesia terkena dampaknya. Coronavirus merupakan salah satu infection yang menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, infeksi pada paru-paru, hingga kematian. Sampai kini masih ada penambahan jumlah masyarakat yang terpapar. 

Di setiap daerah peningkatan jumlah kasus berbeda antara satu dengan yang lainya. Setelah munculnya wabah Coronavirus dibelahan bumi, sistem pendidikan mulai mencari suatu inovasi untuk compositions kegiatan belajar mengajar. Terlebih adanya Surat Edaran no. 4 tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menganjurkan seluruh kegiatan di seluruh institusi pendidikan harus jaga jarak dan seluruh penyampaian materi akan disampaikan di rumah masing-masing.

PEMBAHASAN

Pelaksanakan pembelajaran online adalah salah satu model pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi, karena dalam prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi Coronavirus adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan para peserta didik, para pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka pemenuhan layanan pendidikan selama masa pandemi. Pelaksanaan pembelajaran online membutuhkan media yang dapat mendistribusikan ilmu pengetahuan atau sebagai wadah dalam expositions kegiatan belajar mengajar. 

Media yang digunakan sebagai sarana pembelajaran online sekarang ini menggunakan web disebut juga dengan web based learning yang dapat memberikan fasilitas koneksi keseluruh penjuru dunia. Web yang tidak dibatasi jarak dan waktu membuat pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, penggunaan web sebagai sarana belajar dapat memberikan dampak yang positif dalam penggunaan web dengan peran para pendidik dalam pengelolaannya agar pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif (Nugroho, 2012). Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan ideal sebagai alat bantu (Hanum, 2013).

Disini ada beberapa solusi pemilihan media pembelajaran yang bisa kita gunakan selama pembelajaran jarak jauh berdasarkan dari beberapa jurnal hasil riset yang telah terbukti kebenarannya dan dapat dipertanggungjawabkan tentang media pembelajaran berbasis computerized teknologi. Dari beberapa media yang tercantum dibawah ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada anak usia dini selama pandemi. Di mana media-media ini telah diteliti dan diuji manfaat serta kegunaanya sebagai pendukung pembelajaran pendidikan anak usia dini dan terbukti dapat meningkatkan beberapa aspek perkembangan anak usia dini.

  • Video Zoom Cloud Meeting

Salah satu aplikasi terpopuler saat ini dalam menyediakan fasilitas interaksi tatap muka pendidik dan peserta didik secara virtual melalui video conference dengan laptop atau laptop computer atau smartphone adalah Zoom Cloud Meeting, Dwi Ismawati dalam risetnya untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan video zoom cloud meeting pada anak usia dini di era pandemi Covid-19 dengan menggunakan aplikasi zoom cloud id. menunjukkan bahwa pembelajaran dengan video conference efektif, interaktif, dapat mendukung pembelajaran jarak jauh, memudahkan anak didik untuk menyerap materi pembelajaran disampaikan pendidik karena lebih real time (Panjaitan, 2020) (Indriasih, 2020). Aplikasi ini merupakan aplikasi kekinian digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh dengan menggabungkan konferensi video, obrolan, pertemuan on-line dan kolaborasi seluler. Penggunaan meeting dalam aplikasi ini bisa menampung satu ribu peserta bersama dalam satu pertemuan secara virtual. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis, tetapi tetap fungsional, fitur-fiturnya antara lain panggilan phone, webinar, presentasi, dan masih banyak lainnya. Aplikasi ini dinilai punya kualitas baik, dapat dibuktikan dengan banyaknya perusahaan-perusahaan  sudah masuk dalam fortune five hundred  menggunakan layanan ini. (Wibawanto, 2020).


  • CD Interaktif
  • Seiring dengan perkembangan media Pembelajaran untuk anak usia dini saat ini. Hal tersebut dapat ditinjau dari berbagai jenis media untuk digunakan oleh para guru. Guru di sekolah anak usia dini saat ini sudah cukup kreatif saat menyampaikan berbagai materi di dalam kelas dengan menggunakan metode bervariasi, namun juga tidak menutup kemungkinan guru disekolah masih menggunakan media dan metode konvensional. Yeni Rahmawati dalam risetnya menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran CD Interaktif dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini. CD Interaktif merupakan salah satu media inovatif dan menarik untuk dikenalkan kepada anak-anak. Materi pembelajaran untuk anak disampaikan melalui CD Interaktif dapat dibuat dengan semenarik mungkin, melalui gambar-gambar animasi lucu, cerita rakyat dengan mengandung banyak sejarah, dan musik instrumen menarik. Materi yang ada di dalam CD Interaktif juga perlu disisipkan ilmu pengetahuan, wawasan, dan nilai pendidikan karakter guna meningkatkan segala aspek keterampilan berbahasa anak. Dengan demikian, melalui CD Interaktif anak Akan lebih termotivasi dalam belajar, tidak merasa bosan tentunya menyenangkan bagi anak.
  • Digital Animasi 

Pelajaran dibuat ke visualisasi dalam bentuk gambar animasi lebih bermakna dan menarik, lebih mudah diterima, dipahami, lebih dapat memotivasi (Sukiyasa & Sukoco, 2013). Media pembelajaran digital adalah komponen pembawa pesan berisikan materi pelajaran digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran untuk menunjang keberhasilan proses belajar siswa menjadi efektif dan efisien dengan menggunakan sistem komputer karena proses penyampaian informasinya lebih mudah, cepat dan akurat. Nur Qomariah Panjaitan dalam risetnya menyatakan bahwa digital animasi berpengaruh pada kepercayaan diri anak terhadap hasil belajar PAI. 

Karena hasil belajar PAI adalah proses perubahan tingkah laku pada siswa agar siswa meyakini, memahami dan mengamalkan ketentuan-ketentuan ajaran agama dapat diukur melalui pengetahuan, sikap dan keterampilan fisik-motorik. Media pembelajaran digital animasi lebih menarik bagi anak karena mengandung unsur gambar dinamis, warna, musik dan teks untuk memudahkan anak mengingat, sehingga dapat menjawab soal-soal serta memberikan perubahan pada hasil belajar Pendidikan Agama Islam. 

Berdasarkan hasil riset, Dengan adanya minat, ketertarikan, motivasi dan semangat belajar pada siswa dengan menggunakan media pembelajaran digital animasi Akan membuat siswa menjadi percaya diri dalam menjawab soal-soal sehingga mempengaruhi hasil belajar anak dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun