Mohon tunggu...
rindu rasyid
rindu rasyid Mohon Tunggu... Penulis di dunia pendidikan

Seorang penulis yang mengamati fenomena sosial dan menulis terkait pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Keseruan Mahasiswa UEU Ikuti KKN Tematik di Sambas, Kalimantan Barat

4 April 2019   16:04 Diperbarui: 4 April 2019   16:42 0 0 0 Mohon Tunggu...
Keseruan Mahasiswa UEU Ikuti KKN Tematik di Sambas, Kalimantan Barat
dokpri

Universitas Esa Unggul mengirimkan enam mahasiswanya untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik II yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi. KKN Tematik ini digelar di Sambas, Kalimantan Barat mulai tanggal 11 hingga 24 Maret 2019. Dalam KKN ini, Enam mahasiswa UEU didampangi oleh tiga Dosen pembimbing dari Universitas Esa Unggul.

Salah satu dosen pendamping yakni Elistia, SE, MM mengatakan selama kurang lebih dua minggu para mahasiswa UEU akan bergabung bersama 250 peserta KKN dari berbagai kampus untuk menjalankan sejumlah program KKN yang bertempat di empat kecamatan di Kabupaten Sambas, Kalbar.

"Mahasiswa UEU sangat antusias sekali mengikuti KKN Tematik II ini, karena pengalaman baru mereka. Apalagi, mereka mengunjungi daerah yang kebanyakan belum terjamah oleh mereka, dan yang paling berkesan ialah mereka berangkat dari Jakarta menggunakan Pesawat Hercules yang sering digunakan oleh Tentara untuk beroperasi," Ujar Elistia di Universitas Esa Unggul, beberapa waktu yang lalu.

Dirinya pun menjelaskan tedapat tiga program utama yang akan dilakukan selama KKN Tematik diantaranya Bidang Kesehatan, Bidang Pendidikan, dan Bidang Industri Kreatif. Dalam Program di bidang kesehatan kami melakukan kegiatan pemeriksaan gigi,Penyuluhan kebiasaan mencuci tangan,  perilaku hidup bersih dan sehat, penyuluhan Generasi Berencana, penanggulangan Narkoba dan Pemeriksaan Mata.

"Pada bidang Pendidikan kami melakukan Education Support, Konseling , Motivasi, Perbaikan Sarana Pendidikan. Sementara di bidang Industri Kreatif terdapat Pelatihan pola pikir kewirausahaan sederhana, Pelatihan pengembangan kemasan dan pemasaran produk, Pelatihan pengolahan pangan higienis dan Pengembangan Bidang Pariwisata," Terangnya.

Tia berharap mahasiswa UEU dapat kembali berkesempatan untuk mengikuti kegaiatan KKN Tematik, selain menambah pengalaman, mereka pun dapat mempraktekan pelajaran yang telah mereka dapatkan selama berkuliah. "mudah-mudahan kegaiatan ini dapat bermanfaat bukan hanya bagi masyarakat di daerah KKN namun untuk para mahasiswa yang melaksanakan KKN," tutupnya.