Mohon tunggu...
Rinda Fey
Rinda Fey Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Seputar Kecantikan Dan Kesehatan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pelajar Yang Memberi Informasi Seputar Dunia Kecantikan Dan Kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Bisa Mencegah Penyakit Jantung? Berikut Manfaat Tomat bagi Kesehatan Jantung

22 Maret 2022   12:07 Diperbarui: 22 Maret 2022   12:12 171 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Khasiat tomat buat kesehatan memang tidak diragukan lagi karena untuk tubuh saja sudah banyak kandungan yang dapat membantu dalam kandungan tobat. Ya, tomat memanglah populer dengan khasiatnya buat melindungi kesehatan mata. Tetapi, tomat juga mempunyai manfaat yang tidak kalah menarik dengan buah yang lain. Hal ini disebabkan karena tomat memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk kebutuhan badankamu . Mengutip Alodokter.com , tomat juga diketahui termasuk buah yang memiliki kalori dan  lemak paling rendah dibanding buah lain. Tomat pula kaya hendak vit serta mineral, semacam vit A, vit C, folat, serta potasium. Tidak hanya kandungan itu aja ya gais , buah ini memiliki berbagai macam kandungan lainnya diantaranya: antioksidan, likopen, lutein dsb. Tidak heran bila tomat mempunyai segudang khasiat buat kesehatan. Mulai dari membatasi perkembangan sel kanker, merendahkan serta mengendalikan tekanan, sampai mengendalikan kandungan gula darah. Umumnya mayoritas orang mengkonsumsi tomat digunakan sebagai bumbu masakan dapur agar rasanya sedap. Tetapi apakah Kamu sempat makan tomat rebus? Hal ini bisa menjadi sangat aneh, tetapi khasiat dengan kita mengkomsumsi tomat rebus nyatanya bisa menghindari penyakit yang bahaya bagi tubuh.

Khasiat Tomat Rebus buat Kesehatan

Apalagi, mengutip SajianSedap.com, dengan merebus tomat juga dapat memaksimalkan khasiat kandungan tomat itu seniri salah satunya untuk mencegah penyakit kanker.

Kandungan Yang Berfungsi:

1. Lycopene serta fitonutrien dalam tomat hendak bekerja lebih optimal sehabis dipanaskan. Keduanya ialah antioksidan yang sudah lama dipercaya bisa mencegah kanker dari dalam badan. Tetapi yang perlu diperhatikan , ini hanya  berlaku
 untuk buat tomat merah aja ya gais.

2. Lycopene merupakan zat yang cuma dipunyai buah ataupun sayur- mayur bercorak merah. Zat ini juga sangat berguna , terutama untuk menetralkan radiasi luas yang bisa mengganggu sel - sel lain di dalam badan kamu.

Cara Mengkonsumsi Tomat yang Benar

Jadi, mengkonsumsi tomat dalam sop, soto, ataupun pepes merupakan Kerutinan yang sangat baik. Bukan hanya baik untuk direbus aja, tapi kita juga bisa memanggang tomat yang baik pula untuk badan. Tetapi, jauhi menggorengnya, ya. Walaupun dipanaskan secara bermasamaan, dengan menggoreng bisa mengganggu lebh banyak nutrisi kandungan dalam tomat itu sendiri. Tomat ialah salah satu santapan yang bisa menghindari kanker prostat.

Benarkah Dapat Menghindari Penyakit Jantung?

Dirangkum dari Healthline, resiko kanker prostat bertambah bersamaan bertambahnya umur. Dekat 60 persen dari seluruh kanker prostat di Amerika Serikat di nyatakan pada laki- laki berumur 65 tahun ataupun lebih. Sangat tidak sering laki- laki di dasar umur 40 tahun terserang kanker tipe ini. Tidak terdapat penangkalan absolut dari kanker prostat, namun fakta menampilkan kalau diet memainkan kedudukan berarti. Tomat, semangka, serta buah merah yang lain dan memiliki warna terang itu disebab karena ada kandungan antioksidan kokoh yang dibawa oleh likopen.

Sebagian riset kekinian memberitahukan bahwa jika seorang laki- laki yang makan buah- buahan serta produk semacam tomat mempunyai resiko lebih rendah terserang oleh kanker prostat daripada mereka yang tidak mengkonsumsi tomat sama sekali. Tetapi, American Institute for Cancer Research memperingatkan kalau riset yang menghubungkan tomat dengan penangkalan kanker prostat masih terbatas. Tetapi tidak terdapat salahnya tidak bila Kamu komsumsi tomat tiap hari.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan