Mohon tunggu...
Rinda DewiLestari
Rinda DewiLestari Mohon Tunggu... Rinda

Tugas

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Optimalkah Sensus Penduduk Online? Seberapa Pentingkah Sensus Penduduk di Suatu Negara?

4 Juni 2020   06:00 Diperbarui: 4 Juni 2020   06:18 10 1 0 Mohon Tunggu...

Seperti yang kita tahu sensus penduduk terdengar tidak asing di telinga kita. Sebelum membahas yang lebih jauh apa itu sensus penduduk itu? Apakah punya pengaruh besar terhadap penduduk di Indonesia? Bagaimana sensus penduduk menyelamatkan dunia?

Menurut para ahli, bumi akan layak ditinggali jika syarat jumlah maksimum penduduk sekitar 4,7 milyar akan tetapi kebenarannya penduduk di bumi sekarang telah ditinggali 2 kali lipat penduduk dari nilai maksimum. Bahkan pada tahun 2025 nanti penduduk bumi diproyeksikan akan berjumlah 9 miliyar jiwa. Jika permasalahan ini tidak menjadi perhatian para penduduk bumi dapat binasa. Inilah yang menjadi dasar pentingnya di bentuk Sustainable Development Goals (SDG’s) atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

Permasalahan penduduk telah menjadi masalah penting bagi pemerintah dan para pakar kependudukan di Indonesia. Jumlah penduduk yang besar dan tidak mengikuti kualitas SDM akan menjadi beban bagi pembangunan Negara, oleh karena itu diperlukan penurunan fertilitas, dengan menunda kelahiran anak pertama. Itulah kenapa pentingnya pendataan penduduk di suatu Negara. Pada tahun 2010 negara Indonesia telah melakukan pendataan dan pendataan atau pengumpulan data itulah disebut dengan sensus penduduk, sedangkan pada tahun 2020 ini Indonesia telah melakukan sensus penduduk ke-7.

Pada tahun 2020 indonesia melakukan sensus penduduk dengan metode kombinasi dengan memnafaatkan data serta administrasi kependudukan sebagai data yang terbaru di seluruh data penduduk yang akan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik. Selain itu, sensus penduduk yang dilakukan secara online ini dapat meringankan petugas lapangan untuk pendataan dan lebih optimal dalam mendapatkan data. 

Penggunaan online ini berkaitan dengan zaman teknologi yang sudah canggih dan dapat melibatkan seluruh penduduk yang akan memperluas cakupan penduduk di Indonesia. Menurut presiden jokowi, sensus penduduk itu sendiri memiliki manfaat yaitu data ialah suatu jenis kekayaan baru dan merupakan kunci utama kesusksesan pembangunan Negara. Oleh karena itu jika data akurat sangat penting dalam menuyusun perencanaan.

Referensi

Badan Pusat Statistik.2020.Pemetaan dan Pemuktakhiran Muatan Wilkerstat Sensus                     Penduduk. Pariaman

McDonald, Peter F. 1984. Pedoman Analisis Data Sensus Indonesia 1971-1980. Yogyakarta

Ramana, Febria. SST. Sensus Penduduk 2020. Jakarta

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x