Mohon tunggu...
Rina R. Ridwan
Rina R. Ridwan Mohon Tunggu... Ibu yang suka menulis

Pemelajar Di Sekolah Kehidupan Novel: Langgas (Mecca, 2018) IG: rinaridwan_23

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"The Serpent"

4 April 2021   09:45 Diperbarui: 4 April 2021   09:46 416 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"The Serpent"
Gambar dari Netflix

Limited series yang baru saja selesai saya lihat dari layanan streaming ini cukup menarik. Terutama bagaimana Tahar Rahim dengan bagus memerankan Charles Shobraj, pembunuh yang dikenal dengan beragam julukan. Salah satunya adalah 'The Serpent'. Sebuah kejadian nyata di akhir tahun 60-an hingga pertengah 70-an. Dalam serial ini beberapa nama sengaja diganti untuk menghormati keluarga korban.

Lelaki yang lahir di Saigon, dari ibu Vietnam, dan ayah India ini, sejak usia muda sudah akrab dengan kejahatan, penjara dan melarikan diri. Dia menggunakan beragam nama sesuai dengan paspor yang diambil dari para korbannya untuk bisa masuk ke beragam negara. Kebanyakan korbannya adalah para hipies. Dia bukan hanya membunuh di Thailand, tetapi juga di India, Nepal, dan beberapa negara lain.

Belum lagi perampokan yang dilakukannya dengan brutal, baik sendirian atau juga bersama saudaranya di Turki. Kepandaiannya berbahasa Prancis dan Inggris, juga dengan penampilannya yang tenang dan selalu rapi, membuat banyak orang terkecoh.

Dia suka memulai aksinya dengan pembiusan, atau juga memberikan obat disentri, setelah sebelumnya calon korban dibuat disentri terlebih dahulu. Obat kaopectate ditambah sedatif dan mogadon dicampurkan lewat minuman yang dia suguhkan. Setelah korbannya teler, dia rampok semua benda berharga mereka plus paspornya.

Ketika korbannya tak patuh atau sudah terlalu banyak tahu, dia tak segan menghabisi mereka dengan beragam cara. Dari dicabik-cabik, hingga dibakar hidup-hidup. Hebatnya lagi, Charles Shobraj tak pernah mengakui semua perbuatannya.

Pada akhirnya, semua meninggalkan Charles. Bukan hanya istri yang membawa serta anaknya untuk menikah lagi dengan lelaki lain, juga Monique alias Marie, partnernya yang dipulangkan ke kampung halaman setelah didiagnosis menderita kanker rahim.

Segala kejahatannya dibongkar oleh seorang diplomat muda dari kedutaan Belanda di Thailand, Herman Knippenberg. Bagaimana terbongkarnya? Anda bisa menikmatinya sendiri.

Setidaknya dari serial ini, ada sepuluh pelajaran yang bisa di ambil:

1. Hati-hati dengan orang asing.

Sebuah nasihat lama yang tak pernah usang. Terlebih di zaman ini. Di mana kita bisa dengan begitu mudah mengenal orang melalui media sosial. Begitu pula awal kejadian yang menimpa para korban. Mereka mudah sekali percaya dengan orang yang baru dikenalnya, hanya karena keramahan, menolong (padahal dia sendiri yang membuat kejadian) sebagaimana awal Dominique bertemu, tertipu dengan penampilan, dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x