Nur Rina Chairani
Nur Rina Chairani Ibu Yang Suka Menulis

Pembelajar Di Sekolah Kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Muda

"Bedhol Bhawikarsu", Program Pengabdian yang Melahirkan Generasi Peduli Lingkungan Sosial

12 Januari 2018   17:47 Diperbarui: 12 Januari 2018   17:55 417 0 0

Senang sekali memperhatikan segala hal berkait dengan sistem pendidikan yang ada di negeri tercinta ini. Terutama di kota di mana saya tinggal. Dari hal yang masih perlu pembenahan hingga kegiatan yang inovatif.

Di kota ini, setiap sekolah punya nama lain dalam bahasa Sansekerta. Nama yang mengandung arti yang cukup bagus dan dalam. Menjadi semacam ciri khas yang mungkin tak dipunyai sekolah-sekolah di kota lain. Mereka juga punya yel-yel bahkan theme song khusus sekolahnya. Itu yang pertama.

Bukan hanya itu, ada persaingan sehat juga dalam program khusus sebuah sekolah yang jadi trend setter dan banyak dijiplak oleh yang lain. Persaingan menjadi yang terbaikpun tak terbendung, dan mempertahankannya adalah sebuah prestige tersendiri bagi setiap kepala sekolah yang rutin berganti beberapa tahun sekali.

Jika di kota lain sekolah negeri cukup dilabeli dengan angka di belakangnya, di sini tidak. Ada nama lain yang menyertai yang ikut ditulis dibawah nama sekolahnya sama besarnya di pintu masuk utama.

Malang, kota bunga yang terletak di Propinsi Jawa Timur ini memang kota yang cukup unik. Tempat lahirnya seorang Dr.Gamal Albinsaid, Sang 'Muda Mendunia', dikenal juga sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia. Ada SMP dan SMA yang punya cukup banyak alumninya menjadi orang terkenal di negeri ini. Dari penggiat seni hingga menteri, juga tokoh sekelas Dr. Gamal Albinsaid.

Ada SMP negeri 3 dengan sebutan lain Bintaraloka, juga SMA negeri 3 dengan nama tenarnya Bhawikarsu. Dua sekolah yang tak henti mencetak banyak generasi berprestasi. Menyebut mereka ibaratnya sebuah gengsi. Menjadi murid dan bagian mereka bagai memegang kunci awal kesuksesan.

Sekolah yang dipenuhi dengan segala aktifitas beraroma persaingan namun dalam taraf yang menyehatkan. Masing-masing individu dididik untuk jadi mandiri dalam memperjuangkan kesuksesannya di masa depan. Semua bakat di amati dan ditempatkan pada yang semestinya lalu dipupuk untuk berkembang maksimal. Dari bakat berorganisasi, seni, olahraga, literasi hingga berorasi.

Keunikan nomor dua adalah adanya ikatan alumni yang punya ikatan yang betul-betul solid. Mereka seperti 'bala bantuan yang tak nampak' yang mendukung banyak program di tempat mereka sekolah dahulu. Mereka membantu biaya pengembangan fisik sekolah, juga anak-anak berprestasi yang kurang mampu.

Yang ketiga, sekolah di sini rutin merayakan hari jadinya dengan cara yang cukup meriah setiap tahunnya. Biaya tentu saja mandiri, dari ikatan alumni dan beberapa sponsor tetap. Acaranya selalu meriah dengan kirab di jalan utama hingga hiburan yang dipersiapkan dengan baik. Bukan hanya itu, ada juga bakti sosial yang melibatkan alumninya seperti donor darah, pemeriksaan laboratorium berbiaya murah dan sebagainya. Dokter-dokternya adalah para alumni. Semua berkumpul dan bergembira sehari itu.

SMA Bhawikarsu, adalah pelopor satu kegiatan unik yang jadi trend setter dan banyak ditiru oleh sekolah lain, yaitu program Bedhol Bhawikarsu. Sebuah program yang diadakan rutin setiap tahunnya di semester awal sekolah.

BedholBhawikarsu adalah program yang melibatkan seluruh murid dan gurunya tanpa kecuali. Baik anak orang kaya ataupun yang biasa, semua wajib ikut. Begitupun kepala sekolahnya. Bedhol bhawikarsu adalah tradisi sekolah ini mengembalikan murid-muridnya mengenal desa secara utuh. Pola pendekatan pendidikan yang bersifat pengabdian. Semuanya berangkat menuju sebuah desa yang sudah ditentukan setelah di survey sebelumnya untuk melakukan aksi sosial selama 3 hari. Terlibat dalam kegiatan warga desa, tidur dan menginap di rumah warga dan berinteraksi dengan warga desa adalah bagian dari kegiatan tersebut. Kegiatan ini sudah jadi trade mark sekolah ini.

Sebagaimana kita tahu bahwa perkembangan teknologi informasi yang pesat telah melahirkan permainan individual yang begitu banyak, seperti game online, sangatlah berdampak membentuk karakter anak zaman sekarang. Gaya hidup yang sedikit bergerak membuat banyak bermunculan anak-anak yang mengalami obesitas juga. Begitupun dengan pola berpikir instan yang membuat anak-anak sekarang kurang menghargai sebuah proses.

Dengan segala apa yang tersaji sekarang, anak-anak harus dibiasakan kembali untuk berada dalam interaksi sosial yang kuat agar mereka memiliki kepekaan sebagai individu. Inilah yang menjadi salah satu tujuan utama dari kegiatan ini.

Desa, bagi anak sekarang seperti barang langka. Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa tinggal di desa itu ibarat hidup di keterasingan. Padahal desa yang ada sekarang tak ubahnya seperti kota kecil, dimana banyak teknologi sudah masuk, termasuk internet. 

Kelebihan sebuah desa adalah masih banyaknya hal yang alami, seperti tetumbuhan yang masih berjajar rapi dan sungai yang bukan hanya bening dan segar airnya, namun mempunyai bunyi khas yang tak akan didapatkan di kota. Juga hewan yang masih banyak di ternakkan secara tradisional. Lenguhan kerbau, embikan kambing, pun suara ayam jago di pagi hari hanya bisa didengarkan di desa.

Kegiatan bedhol yang menyertakan kegiatan bakti sosial seperti pemberian bantuan, penyuluhan kesehatan, pendidikan serta pemeriksaan medis warga desa secara gratis, diharapkan akan berdampak sangat positif pada para siswanya. Bukan hanya menjadi kenangan indah sepanjang hidup mereka, yang sebagian besar adalah generasi yang terlahir di kota dan jauh dari mengenal hal-hal tradisional dan alami yang hanya ditemukan di desa.

Dananya murni swadaya dan dari ikatan alumninya. Kegiatan ini bisa jadi semacam proyek percontohan bagi sekolah lain di seluruh Indonesia, mengingat bangsa inipun punya banyak desa yang tersebar rata di seluruh negeri. Hingga sekolah yang ada di seluruh negeri ini, bukan hanya berlomba membuat para muridnya unggul dalam bidang akademis, namun juga melahirkan generasi yang punya kepedulian lingkungan dan kepedulian sosial.

Jadi, jika anda kebetulan di pindah tugaskan ke kota ini, tak perlu khawatir akan pendidikan putra-putri anda, karena sekolah pelopor bedhol ini adalah juga satu-satunya sekolah menengah atas yang ditunjuk langsung oleh pemerintah Indonesia melakukan kerjasama dalam program pelatihan kepemimpinan pelajar Asia.