Mohon tunggu...
RINA ROSITA
RINA ROSITA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

senang bertemu dan mempelajari hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UPI 2022: Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Melanjutkan Pendidikan di SDN 039 Tegallega

9 Agustus 2022   17:30 Diperbarui: 9 Agustus 2022   17:32 53 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam melaksanakan program Sustainable Development Goals (SDG's) atau Tujuan Pembangunan Berkerlanjutan, Universitas Pendidikan Indonesia ikut berkontribusi melakukan Kegiatan Kuliah Nyata yang bertema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa. 

Maka dari itu, kelompok 43 KKN UPI melaksanakan kegiatan ini dengan mengusung tema Desa Pendidikan Sepanjang Hayat. Dalam pelaksanaanya, kelompok besar yang berisi 30 orang dibagi ke dalam kelompok kecil berisi 5 orang. Masing-masing kelompok kecil memiliki subtema yang berbeda.

Pendidikan hakikatnya adalah usaha guna mengembangkan kemampuan diri setiap individu. Proses Pendidikan formal dilakukan di sekolah demi mewujudkan Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan sangatlah penting, khususnya bagi generasi muda yang akan melanjutkan Pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi guna mencapai cita-cita yang diinginkan.

Pada hari Rabu (28/06/2022) salah satu kelompok kecil KKN UPI melakukan sosialisasi pertama di SDN 039 Tegallega, Kelurahan Pelindung Hewan, Kota Bandung. Kegiatan ini dilakukan dengan mengobservasi siswa mengenai suka dan duka sekolah online dan offline. 

Kami menyimpulkan bahwa sebagian besar siswa senang belajar di sekolah (offline) karena mereka dapat bertemu secara langsung dengan guru dan teman-temannya. Nah, hal ini berdampak baik bagi siswa agar bisa terus mendorong kemauan untuk belajar.

Dokpri
Dokpri

Sejak berlakunya pembelajaran secara tatap muka, para siswa di SDN 039 Tegallega terlihat mulai antusias dan semakin bersemangat untuk pergi ke sekolah. Hal ini menggambarkan bahwa motivasi siswa dalam meningkatkan pendidikan sangatlah tinggi. 

Lingkungan sekolah yang memberikan dampak positif bagi siswa dapat meningkatkan kualitas pendidikan menjadi lebih baik.

Selain itu, kami juga banyak berinteraksi dengan para siswa khususnya kelas 5 dan 6 yang menjadi sasaran kami, bahwasannya siswa-siswa tersebut berhak mendapat pengarahan karena akan melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya (SMP), serta pengenalan jenjang SMA dan Perguruan Tinggi.

Kamis (2/08/2022), kami juga memberikan penyuluhan dan edukasi tentang meningkatkan motivasi belajar siswa dalam melanjutkan pendidikan sebagai hasil finalisasi observasi pertama pada hari rabu lalu, diisi dengan pemberian materi tentang mengenal hakikat arti pendidikan, pentingnya pendidikan dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, beasiswa, dsb. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan