Mohon tunggu...
Rina Darma
Rina Darma Mohon Tunggu... Ibu rumah tangga

Suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Mengapa Harus Mengenal (Memilih) Bank Ganesha?

27 Mei 2018   07:37 Diperbarui: 27 Mei 2018   08:33 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mengapa Harus Mengenal (Memilih) Bank Ganesha?
Bank Ganesha

Memilih layanan perbankan bukanlah hal gampang di era semakin kompetitif. Banyak yang harus menjadi pertimbangan agar tak menyesal di kemudian hari. Lebih baik cerdas memilih dan memilah sebelum tergiur membuka akun lalu terbengkalai karena berbagai promo yang ditawarkan ternyata tak sesuai.

Setidaknya ada empat hal mendasar yang bisa menjadi pertimbangan. Di antaranya:

1. Trust

Merupakan syarat pertama yang aku gunakan dalam memilih layanan perbankan. Logikanya, kita tidak akan mempercayakan harta kepada seseorang yang tidak kita percayai bukan? Terlebih dengan segala jerih payah yang telah kita lakukan untuk memperolehnya.

Caranya dengan mengecek apakah layanan keuangan tersebut diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 tahun 2011, OJK berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

Kalau kita sering mendengar investasi bodong, penipuan terkait layanan keuangan lainnya berarti lembaga tersebut belum terdaftar OJK. Sehingga berani "bermain nakal" atau abal-abal.

Selanjutnya, mengecek keanggotaan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Karena jika terjadi sesuatu dengan bank, dana nasabah dijamin sampai Rp 100 juta dari negara. Kalau simpanan kita melebihi Rp 100 juta, sisanya akan dibayarkan setelah seluruh aset bank dilikuidasi.

2. Rasa Aman

Bank Ganesha yang didirikan 15 Mei 1990 dan mulai beroperasi secara komersial pada 30 April 1995 telah terdaftar dan diawasi OJK serta tergabung menjadi anggota LPS. Dengan kedua hal tersebut artinya aku merasa aman kalau akan menggunakan layanan keuangan pada perbankan tersebut. Selain itu, kita tidak dibuat was-was simpanan kita melayang jika bank dinyatakan gagal.

3. Track & Record

Sebagai masyarakat yang semakin cerdas, kita juga perlu melihat track & record sebuah bank. Bank Ganesha selama beroperasinya telah banyak melakukan pencapaian dan mendapat berbagai penghargaan. Termasuk presiden direkturnya adalah seorang perempuan. CEO Surjawaty Tatang menerima penghargaan sebagai Best Emerging Banking CEO in Indonesia tahun 2017

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x