Mohon tunggu...
Rimba Zulkarnain Lingga
Rimba Zulkarnain Lingga Mohon Tunggu... Wiraswasta - Universitas Internasional Batam

Menulis :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Betapa Pentingnya Komunikasi di Tempat Kerja yang Memiliki Keberagaman Budaya!

26 Mei 2022   17:10 Diperbarui: 26 Mei 2022   17:12 26 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya mengambil contoh budaya kerja di Indonesia kita ini, budaya kerja di Indonesia bisa di bilang belum cukup baik karena masih banyak orang mengutamakan kesenangan pribadi di banding dengan kerja contohnya bermain hp dan chatting pribadi saat jam kerja, tidur pas kerja dan masih banyak lagi. Dan tidak semua yang begitu, ada juga yang melaksanakan budaya kerja dengan baik contohnya bermusyawarah serta gotong royong membantu sesama jika ada kesusahan, Nah di kantor kami masih tergolong baik karena sering bermusyawarah dan membantu sesama jika ada yang sakit atau kesusahan. Serta saling menghargai sesame dengan tidak memarahi dengan kata kasar dan lain lain. Sedangkan budaya kerja di negara Jepang bisa di bilang cukup baik karena mereka mempunyai kebiasaan tidak ngobrol ketika bekerja tetapi memiliki kerja sama tim yang baik dan disiplin dalam hal apapun, mereka juga menghargai sesama klien dan senior. Target dan ketepatan waktu sangat di junjung di Jepang. Tidak ada maksud untuk merendahkan negara saya sendiri, semoga kedepannya kita bisa maju!

Nah, Dengan banyaknya keberagaman budaya dalam tempat kerja kita maka sisi komunikasi harus di tingkatkan supaya tidak terjadi kesalahpahaman dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika bekerja dan hindari menggunakan bahasa daerah karena tidak semua teman kerja memahaminya. Contoh komunikasi verbalnya yaitu percakapan antar teman kerja, meeting atau rapat. Dan komunikasi non-verbal yakni ekspresi raut wajah, kontak mata serta nada suara Ketika berbicara.
Konflik yang biasa terjadi yaitu kesalahpahaman yang di sebabkan bahasa daerah misalnya orang Muslim yang tersinggung ketika orang Chinese berbahasa daerah dan juga sebaliknya ini akan berakibat fatal jika tidak di selesaikan baik baik, penyelesaian yaitu sama sama menemui atasan atau manager supaya di urus bersama sama atau di selesaikan dengan baik baik secara diam diam.
Sekarang kita berlanjut ke judul Budaya pada era modern di Indonesia dan negara lain.

Contoh di Negara Amerika penduduk disana berpakaian terbuka dan menganggap nya hal biasa dan budaya ini sudah perlahan lahan masuk ke Indonesia tapi sebagian masyarakat masih berpakain sopan. Yang kedua yaitu tata krama, Indonesia lebih di kenal dengan masyarakat nya yang sangat sopan di bandingkan dengan negara Amerika, negara Amerika masih sering terjadi hal hal seperti rasis warna kulit dan agama. Lanjut ke cara berkomunikasi, Memang zaman sekarang ini serba online dan gadget tetapi budaya berkomunikasi lansung masih sangat penting karena kalau dengan sistem online kita tidak tau apakah lawan bicara kita sedang mendengarkan dan kita tidak tau ekspresi wajah mereka dan ini sering menimbulkan kesalahpahaman atau konflik.

Contoh berkomunikasi yang terjadi pada masa modern yaitu: Bertelepon, video call, chatting. Kesalahpahaman ketika berkomunikasi online masih sangat sering terjadi pada media social online oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, menyalahgunakan gadget dengan menyebarkan berita tidak benar alias Hoax. Menurut saya sih cara menyelesaikannya yaitu dengan memberikan banyak materi materi kepada orang orang serta anak anak sekitar tentang gadget.
Semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang lebih baik dengan bijak menggunakan gadget serta berkomunikasi dengan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan