Mohon tunggu...
Rimawati Agustina
Rimawati Agustina Mohon Tunggu... Guru - Universitas Negeri Semarang

be yourself

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan dan Budaya Lokal di Tengah Pandemi

2 Desember 2020   12:50 Diperbarui: 2 Desember 2020   12:53 509
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini indonesia sedang menghadapi pandemi virus covid-19 yang menyebar di indonesia sejak 2 maret 2020.dengan penyebaran virus tersebut pemerintah indonesia mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menekan jumlah penyebaran virus Covid-19 ini yaitu diawali dengan diberlakukannya lockdown di setiap daerah dengan harapan  agar dapat menekan rantai penyebaran virus Covid-19.salah satu bidang yang terdampak adanya kebijakan tersebut yaitu bidang pendidikan, pemerintah memberlakukan kebijakan pembelajaran daring (online)  kepada para peserta didik Sekolah Dasar,Sekolah Menengah maupun  Perguruan Tinggi.upaya ini dilakukan agar meminimalisir penyebaran  Covid-19 di lingkungan pendidikan, sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Kebijakan pembelajaran daring (online) ini diharapkan agar peserta  didik tetap bisa melakukan pembelajaran meskipun dimasa pandemi  guna membentuk karakter peserta didik yang kritis dalam berpikir dan  bertanggung jawab dalam berbagai hal,serta tanggap dalam menyipaki berbagai masalah yang ada dilingkungan sosialnya.di saat pembelajaran secara daring ini di berlakukan guru perlu menerapkan strategi pembelajaran dalam penyampaian materi kepada peserta didik agar tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal.pembelajaran yang diberikan sekarang lebih memiliki peran penting dalam materi belajar,peserta didik mampu dibuat guru agar mereka lebih tertarik belajar dalam budaya lokal seperti, dibidang ilmu pengetahuan sosial yang berperan penting untuk dipelajari dan dipahami dengan lingkungan,tempat tinggal sosial budaya mereka yang lebih bermakna.

Budaya pada pembelajaran secara lokal seperti halnya pada materi pembelajaran daring didalamnya memuat lingkungan maupun ekologi serta terkait akan kearifan lokal dalam kebudayaan sekitar peserta didik sehingga lebih pantas dimasukan pada pembelajaran di tengah pandemi.dengan begitu guru berperan untuk memasukan budaya lokal sekitar seperti halnya akan memperkaya pemahaman tentang salah satu konsepsosial yang mencakup keunikan budaya lokal masing-masing didalamnya yang dapat dimengerti dan dapat diperkaya dengan mengamati tanpa mengabaikan pembelajaran yang diberikan guru.

Yang dapat dilakukan guru melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial yang didalamnya mencakup keseluruhan termasuk budaya lokal agar bisa memperkaya pemahaman,pegertian, dan pemanfaatan pengetahuan yang dimiliki peserta didik dengan baik sehingga konseptual,faktual dan lebih prosuderal dengan pembekalan yang diberikan guru kepada peserta didik melalui ilmu pengetahuanya, teknologinya,sentuhanya akan humaniora berlatar belakang budaya dengan melatarbelakangi luas cakupan manusia,negara maupun kebangsaan.

Nilai dasar yang melatarbelakangi ciri dasar masyarakat yang bertahan atas dasar inovasi budaya lokal sosial masyarakat yang patut yaitu gotong royong pembelajaran dibahas dan  dimasukan dengan penerapan yang bisa ditilik dari pengambilan sikap pembelajaran materi ajar sosiologi dalam masyarakat sebagai sumber pembelajaran, mencapai kedewasaan, baik perilaku maupun kehidupan keseharian patut didorong agar mampu nanti diterapkan sebagai warga yang baik sadar akan tata cara bermasyarakat

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun