Mohon tunggu...
Rima Saripah
Rima Saripah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa dari salah satu universitas di tangerang

Semua ada jalannya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Analisis Mengenai Ruang Lingkup Ekonomi Makro dan Mikro

28 Oktober 2021   12:36 Diperbarui: 28 Oktober 2021   12:39 170 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

* Ruang Lingkup Ekonomi Mikro & Ekonomi Makro

Ekonomi timbul karena adanya pilihan dalam memproduksi serta menggunakan barang maupun jasa dimana hal tersebut memicu terjadinya kelangkaan sehingga akhirnya bernilai ekonomis. Bisa dikemukakan ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari cara mengoptimalkan kemampuan dalam menyalurkan sumberdaya yang dimiliki untuk mencapai kepuasan maksimal.

Jadi ekonomi makro yaitu ilmu yang mempelajari kegiatan ekonomi secara lengkap. Yang dipelajari didalamnya bukan hanya bagian dalam suatu perusahaan saja, tetapi sudah membahas kegiatan ekonomi secara menyeluruh dalam suatu perekonomian. Sedangkan ekonomi mikro merupakan ilmu yang mempelajari unit ekonomi kecil yang bersifat perorangan. Contohnya perilaku rumah tangga, perilaku bidang indutri. Ekonomi mikro dan ekonomi makro keduanya saling berkaitan serta sejalan, namun umumnya diajarkan secara terpisah.

Adam Smith menulis sebuah buku mengenai ilmu ekonomi yang berjudul " An Inquiry Into The Mature and Causes of The Wealth of Nations (The Wealth of Nations)" pada tahun 1776. Analisis Adam Smith memiliki anggapan mengenai kegagalan kebiasaan ekonomi yang menimbulkan pengangguran, kemiskinan, dan masalah kegagalan prosesedur pembangunan ekonomi.

Secara keseluruhan ekonomi makro dan mikro mempunyai beberapa perbedaan, yaitu ekonomi mikro lebih mengutamakan pada penjabaran dalam mewujudkan kemampuan saat memanfaatkan sumber dayanya serta cara supaya rumah tangga dan bidang industri mampu mencapai kepuasan maksimal. Sedangkan ekonomi makro lebih menganalisis tentang kontribusi dari sisi permintaan maupun penawaran yang bisa mempengaruhi tingkat kegiatan suatu perekonomian. Ekonomi makro juga menganalisis masalah-masalah yang sering terjadi di suatu perekomian. Lalu ekonomi makro akan mengamati peranan dan interferensi pemerintah dalam menangani masalah ekonomi yang terjadi.

* Inti Utama Dalam Analisis Ekonomi Makro

1. Menentukan Jenis Barang yang harus diproduksi  

Jenis barang maupun jasa yang harus diproduksi akan menentukan kegiatan ekonomi dalam perekonomian. Artinya pilihan konnsumen merupakan aspek penting untuk menentukan jenis kegiatan yang akan dijalankan.

2. Menentukan Cara Produksi Yang Paling Efektif

 Faktor produksi dalam perekonomian jumlahnya terbatas dan perlu biaya untuk memperolehnya. Maksudnya yaitu sebelum menjalankan kegiatan produksi, setiap pengusaha harus menyelesaikan persoalan yang berhubungan.

3. Menentukan Untuk Siapa Barang Akan Diproduksi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan