Mohon tunggu...
Sari
Sari Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Menyukai bidang sastra, linguistik, pendidikan, dan kuliner. Semoga jadi orang yang bermanfaat. aamiin

Menulis untuk menjadi lebih arif

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tips Ampuh Menyembuhkan Asam Lambung

27 November 2020   14:02 Diperbarui: 2 Desember 2020   10:44 271 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Siapa sangka ternyata asam lambung berasal dari kebiasaan Kita dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya mulai dari makan pedas, minum yang asam, dan pola hidup yang membuat asam lambung naik, seperti overthingking, begadang, dan tidak sarapan. Terlebih masalah makanan yang mengandung lemak, sulit sekali rasanya menghindari bukan ? Namun hasilnya adalah menumpuk dalam lambung dan membuat tekanan, sehingga naiknya kadar asam lambung. Dan ternyata, kenaikan asam lambung inilah penyebab tukak lambung dan GERD. Keduanya mempunyai gejala yang mirip yaitu sering sendawa, perut begah (kembung), dan memberikan sensasi nyeri di ulu hati. Tentu jika tidak segera ditangani akan sangat menggangu aktivitas sehari-hari, apalagi masalah lambung yang memang notabennya organ tubuh paling vital. Oleh karena itu, begini tips ampuh menyembuhkan asam lambung:

1. Perhatikan Porsi Makan

Makan yang sehat adalah tidak banyak, tetapi sering. Berikan waktu luang untuk lambung mencerna dengan baik, sehingga mencegah terjadinya refluks baik pada lapisan lambung maupun esofagus. Sebab makan dalam porsi banyakpun akan menyebabkan lambung memproduksi asam lambung yang banyak, sehingga bisa menyebabkan infeksi. Jadi sebaiknya makanlah sebanyak 5-6 porsi kecil dalam sehari. Manfaatnya selain mencegah refluks pun supaya menghindari terjadinya iritasi akibat asam lambung yang terlalu banyak.

2. Mengonsumsi Asupan yang Bersifat Basa

Mengapa harus yang bersifat basa ? Sebab ph dalam lambung sendiri memiliki Ph 3,5 lebih asam daripada ph dalam darah. Oleh karena itu, apabila mengonsumsi makanan bersifat asam, akan membuat tubuh lebih beresiko kenaikan asam lambung dan gangguan penyakit. Untuk mengantisipasinya Anda bisa mengonsumsi makanan bersifat basa seperti halnya umbi garut. 

Umbi Garut

Umbi garut sudah menjadi bahan olahan dari sejak zaman dahulu, terlebih dalam bidang kesehatan. Khasiatnya khas sekali dengan lambung, karena kandungannya yaitu memiliki senyawa polikasarida larut air dan diosgenin. Keduanya merupakan senyawa yang bersifat basa, sehingga bermanfaat untuk menetralisir asam lambung, melapisi lambung, dan membantu menyembuhkan luka, dan infeksi lambung. Setiap kondisi orang tentu berbeda, sehingga perubahan tiap individupun tidak sama. 

Ada keuntungan lain lagi dalam umbi garut, yakni memiliki asam folat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Asam folat merupakan vitamin B kompleks, yang fungsinya yaitu memecah, menggunakan, memproduksi protein baru. Selain itu, asam folat berserta vitamin B12 sangat bagus untuk ibu hamil, karena mampu membantu pembentukan DNA, pembemtukan seldarah merah, dan sel-sel lainnya. Bahkan bagusnya lagi,  asam folat membantu mencegah kecacatan pada calon bayi yang akan lahir. Banyak sekali bukan manfaatnya ?

Tentunya pegolahan umbi garut sangat memakan waktu, terlebih kalau Anda adalah orang yang sibuk. Pasti akan ribet dan belum tentu hasilnya memanjakan lidah. Di era zaman modern seperti ini, tak perlu ribet, karena ada olahan umbi garut yang lebih praktis dan tentu sangat menyehatkan yaitu sereal umbi garut Oriflakes.  

 3. Perhatikan Posisi Tidur 

Lambung Kita posisi berada di sebelah kiri. Oleh karena itu, sebaiknya tidur miring kiri. Tujuannya supaya LES tinggi, dan refluks tidak mengenainya. Karena LES lebih tinggi, maka asam lambung akan kembali ke perut. Cara ini untuk mencegah dan membantu menyembuhkan GERD. Cara ini bisa Anda lakukan, dan apa reaksinya. 

Selain tidur miring ke kiri, kepala menggunakan bantal supaya lebih tinggi pun adalah solusi refluks asam lambung. Posisi demikian akan membuat antara perut dengan LES akan semakin berbeda, karena gravitivitasnya. Oleh karena itu, cara inipun bisa Anda lakukan. Selamat mencoba :) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan