Mohon tunggu...
Rima Handayani
Rima Handayani Mohon Tunggu... Dosen - Pengajar dan Penulis yang masih terus belajar

Be your self

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Gebyar-gebyar Merdeka Versi Rumahan

15 Agustus 2021   14:43 Diperbarui: 15 Agustus 2021   14:48 166 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gebyar-gebyar Merdeka Versi Rumahan
Ilustrasi kumparan.com

Sudah dua kali hari Kemerdekaan Republik tercinta ini  dalam kondisi pandemi, dengan suasana yang jauh berbeda dengan masa normal. Banyaknya keterbatasan sehingga berkurangnya sorak-sorak kegembiraan,  biasanya masyarakat berkumpul di lapangan terbuka menyaksikan aneka lomba-lomba yang sangat seru dan menyenangkan. Guna menghindari kerumunan sehingga tidak ada acara panggung gembira yang menghibur  terutama bagi anak-anak pemenang lomba yang berharap memboyong hadiah dari panitia. 

Semua masih dalam ingatan betapa meriahnya perayaan 17 an di penjuru negeri tercinta sebelum masa pandemi. Tanpa  mengurangi rasa dan semangat kebangsaan,  sebenarnya banyak cara untuk tetap dapat melaksanakan perayaan 17 an dalam balutan kemeriahan semangat dan sorak-sorak gembira meskipun di masa pandemi ini.  Why not ? 

Beraneka lomba kreatif dapat dilaksanakan di rumah layaknya seperti 17 an di lapangan terbuka namun  tidak melibatkan banyak orang, cukup anggota keluarga dan kerabat terdekat saja. Beberapa ide lomba 17 an versi rumahan di bawah ini bisa menjadi inspirasi dalam mewarnai hari Kemerdekaan agar semakin memupuk semangat kebangsaan, simak ya ......

1. Lomba mendekorasi kamar tidur

Kamar tidur yang merupakan privasi dapat dijadikan obyek lomba 17 an, mendekorasi kamar tidur dapat menumbuhkan kreativitas, agar semakin antusias, baiknya bahan dan alat untuk mendekor sudah disediakan. 

Dengan bahan, alat dan waktu yang sama peserta lomba diharapkan dapat mendekorasi kamar dengan kreativitasnya masing-masing sehingga dapat menghasilkan hiasan yang bernilai seni dan menumbuhkan kepuasan tersendiri akan hasil karyanya. 

2. Lomba menghias kulit telur

Telur yang biasa menjadi santapan dapat dijadikan obyek lomba 17 an, dengan menghias telur menggunakan cat air selain dapat menumbuhkan kreativitas juga dapat meningkatkan ketelitian dan kehati-hatian karena khawatir saat dihias telurnya jatuh dan pecah tidak bisa dihias lagi. Bahan dan alat sebaiknya sudah disediakan, dengan tema hiasan bebas sesuai waktu yang telah ditentukan, jika telurnya pecah sebelum waktu habis maka peserta harus didiskualifikasi. 

3. Lomba merias wajah

Wajah dapat menjadi obyek lomba 17 an, selain menggali kreativitas juga dapat meramaikan suasana dengan gelak tawa. Peserta yang merias wajah harus bersedia ditutup matanya, harus dapat merias dengan tepat pada wilayah wajah, hal ini biasanya menimbulkan gelak tawa karena peserta cenderung tidak tepat merias pada obyeknya jadi berkesan riasan yang belepotan. Untuk lomba ini baiknya alat dan bahan juga sudah disediakan dengan waktu yang telah ditentukan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan