Mohon tunggu...
Rikza Ammaziroh
Rikza Ammaziroh Mohon Tunggu... Jurnalis - 19170061

Anak ipa yang masuk manajemen pendidikan islam

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Metode Pengajaran Langsung

9 April 2020   19:52 Diperbarui: 9 April 2020   20:10 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa sih pengajaran langsung itu ? metode pembelajaran atau bagaimana? Nah teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengajaran langsung, definisi dari pengajaran langsung yaitu metode pembelajaran yang dibuat untuk menunjang pembelajaran yang berkaitan oleh pengetahuan informasi yang secara fakta dapat dibuktikan dengan cara tulisan maupun lisan (pengetahuan deklaratif) dan pengetahuan yang dikuasai oleh peserta didik.

Dalam hal mengetahui langkah-langkah atau tata cara dalam suatu proses (pengetahuan procedural) yang terstuktur secara sistematis yang dapat diajarkan kepada peserta didik secara bertahap. 

Model pembelajaran ini menitik beratkan pada penguasaan konsep atau perubahan-perubahan pada peserta didik melalui perubahan perilaku melalui pendekatan yang menggunakan akal untuk berfikir untuk membuat sebuah kesimpulan dari kemungkinan yang diperoleh atau biasa disebut dengan pendekatan deduktif. 

Dalam pembelajaran langsung ini tenaga pengajar atau guru sebagai penyampai informasi belajar , dalam hal ini bisa menggunakan suatu media yang dapat menarik perhatian peserta didik untuk belajar, misalnya menggunakan LCD untuk menampilkan gambar seperti anatomi tubuh karena peserta didik juga dapat mengetahui serta dapat menghafal dengan cepat juga, tenaga pengajar atau guru juga berperan dalam keaktifan peserta didik, karena jika peserta didik mampu dalam suatu pelajaran maka tenaga pengajar atau guru berhasil dalam menyampaikan pelajaran atau materi kepada peserta didik, nah pengajaran langsung memiliki tahap -- tahapan seperti :

1. Memberikan tujuan dan memberikan pelajaran
Dalam hal ini guru menyampaikan pada peserta didik apa saja tujuan pembelajaran yang dilakukan serta tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik maupun guru hal ini bertujuan agar peserta didik termotivasi terhadap apa yang akan dipelajari untuk terus berkembang agar mencapai tujuannya,dalam hal ini guru juga harus berfokus pada tujuan yang sudah terencanakan kedepannya apa saja yang harus guru ajarkan kepada peserta didik, contohnya : ketika guru memberikan pembelajaran tentang bagaimana hujan terbentuk berasal dari air sungai yang menguap kemudian menjadi awan dan seterusnya peserta didik akan menammpakkan potensi keingin tau annya yang ia gunakan sebagai motivasi untuk selalu belajarterhadap apa yang ingin ketahui.

2. Melaksanakan Demonstrasi
Nah dalam kegiatan ini guru harus mengetahui dan memberikan contoh agar peserta didik mampu dalam sebuah pembelajaran tersebut sebelum kegiatan yang sebenarnya terjadi atau bisa juga disebut memberi contoh misalnya : guru menjelaskan tentang tata cara pengukuran panjang magnet, maka peserta didik akan memperhatikan bagaimana tata cara yang benar dalam hal pengukuran yang kemudian akan ia lakukan atau praktekkan agar sama dengan hasil yang guru contohkan tadi. Jadi dalam hal ini guru harus mengetahui secara pasti dan lengkap apa yang akan ia ajarkan pada peserta didik

3. Memperoleh penguasaan dan pemahaman
Berkaitan dengan melaksanakan demonstran tadi guru harus memperhatikan apakah penjelasan yang ia berikan kepada peserta didik mampu dicerna dengan baik atau tidak, nah dalam hal ini guru juga harus memastikan apakah peserta didik benar-benar paham terhadap apa yang ia jelaskan atau tidak, jadi peserta didik juga harus bertanya apabila ada yang belum ia ketahui, semisal contohnya : peserta didik bertanya kepada guru terhadap apa yang ia tidak ketahui maka guru juga harus menjelaskan kembali karena peserta didik juga berhak mendapatkan pemahaman dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

4 . Memperhatikan pengulangan
Dalam hal ini penulangan bertujuan agar peseta didik mengingat apa saja yang materi yang di jelaskan oleh guru, jadi guru juga harus mengulang-ulang materi agar materi yang disampaikan terus diingat oleh peserta didik, contohnya : guru menjelaskan dan terus bertanya apaah peserta didik paham jika belum maka peserta didik harus mendengarkan ketika guru menjelaskan lagi kemudian untuk guru juga harus mengualang materi yang ia ajarkan.

5. Memberikan laihan terbimbing
Latihan terbimbing ini maksudnya mendorong pesrta didik untuk melakukan hal-hal yang sudah diajarkan sebelumnya dan tenaga pendidik sebagai salah satu orang yang dapat memfasilitasi kegiatan yang berlangsung untuk itu peserta didik diharapkan mampu dalam persoalan latihan yang diajarkan oleh peserta didik, jadi dalam hal ini guru memberikan latihan yang dibimbing oleh guru yang kemudian kedepannya menjadi acuan bagi peserta didik,

6. Memberikan latihan mandiri
Nah dalam latihan ini peserta didik diberikan soal oleh guru untuk dikerjakan yang kemudian digunakan sebagai bahan latihan untuk mengukur seberapa besar potensi yang dimiliki oleh peserta didik, jadi guru harus memberikan latihan-latihan soal untuk peserta didik, misalnya : dalam pelajaran kima pesrta didik sudah diberikan materi pelajaran yang mana kemudian guru memberikan soal latihan untuk dikerjakn murid, murid juga dapat mengasah kemampuannya, oleh karenannya latihan mandiri juga berpengaruh.

Nah itu adalah tahapan-tahapannya pembaca, kemudian pengajaran langsung juga memiliki kekurangan dan kelebihan loh ,mari kita ulas kelebihan dan kekurangannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun