Mohon tunggu...
Riko Maulana
Riko Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

KKN TEMATIK UPI 2022 Riko Maulana Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan Pend. Teknik Elektro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Sosialisasi tentang Pentingnya Sanitasi Layak agar Terciptanya Lingkungan Sehat dengan Menggunakan Platform Linktree

7 Agustus 2022   15:45 Diperbarui: 7 Agustus 2022   15:47 115 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KKN (Kuliah Kerja Nyata) TEMATIK merupakan sebuah program yang di buat oleh LPPM UPI yang di tujukan untuk seluruh mahasiswa UPI sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat.dimana para mahasiswa mengimplementasikan ilmu mereka kepada masyarakat agar kehidupan masyarakat menjadi lebih baik, dan juga menjadi sebuah pengalaman bagi para mahasiswa dengan melakukan kegiatan KKN TEMATIK ini,karena yang kita hadapi di lapangan belum tentu bisa kita dapatkan dari perkuliahan di kampus.

Pelaksanaan KKN TEMATIK tahun ini Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI) menyediakan berbagai macam tema yang di bagi ke banyak kelompok,dan tema-tema tersebut merujuk kepada program Sustainable Development Goals (SDGs) ,yaitu pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambingan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Program (SDGs) ini memiliki 17 tujuan dan 169 target yang dimana salah satu tujuan tersebut menjadi tema yang akan di gunakan oleh KELOMPOK KKN 128 UPI yaitu “Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi Layak” saya kan kelompok kecil saya melaksanakan kegiatan KKN berlokasi di Desa Wanakerta,Kecamatan Bungursari,Kabupaten Purwakarta

Dan tidak lupa juga pelaksanaan KKN TEMATIK ini saya dan teman-teman di bimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Dr.Hj Linda Setiawati,M.Pd.

Apa sih sanitasi itu ? sanitasi merupakan sebuah perilaku yang disengaja untuk membudayakan hidup dengan bersih dan bermaksud untuk mencegah manusia bersentuhan secara langsung dengan bahan- bahan kotor dan berbahaya yang mana perilaku ini menjadi usaha yang diharapkan bisa menjaga serta meningkatkan kesehatan manusia.dan sanitasi juga memiliki tujuan yaitu untuk memperbaiki, mempertahankan serta mengembalikan kesehatan pada manusia, memaksimalkan efisiensi produksi serta menghasilkan produk-produk yang sehat dan aman dari berbagai pengaruh yang bisa menyebabkan penyakit pada manusia.

Ruang lingkup dari sanitasi itu sendiri ialah penyediaan air bersih,pembuangan limbah masyarakat,pengelolaan sampah dll, dan sanitasi suatu lingkungan bisa di katakan layak,baik dan bersih bilamana aspek-aspek di atas terwujud dan terlaksana dengan baik dan terciptalah lingkungan yang sehat.

Dokpri
Dokpri

Maka dari itu saya dan teman-teman kelompok kecil saya melakukan sosialisasi ke desa wanakerta lebih tepat nya kp. Cimahi Rt 09/Rw 03,dan saya sendiri menggunakan platform linktree sebagai media untuk mensosialisasikan tentang penting nya sanitasi yang layak agar tercipta nya lingkungan yang sehat

Dan Alhamdulillah masyarakat dari kp.Cimahi bisa menerima program kami dan masyarakat termasuk kami pun sadar akan penting nya sanitasi yang baik agar kesehatan kita baik secara jasmani maupun rohani terjaga dengan baik.

Saya dan teman-teman saya membagikan link yang dimana di dalam nya terdapat beberapa literature/e-book tentang sanitasi layak dan air bersih yang layak, dan juga di dalam link tersebut terdapat video penjelasan tentang sanitasi dan implementasi yang dapat di lakukan masyarakat sekitar dari hal terkecil seperti kebersihan rumah warga baik dari air bersih maupun pengelolaan dan pembuangan sampah rumah tangga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan