Mohon tunggu...
Riki Dwi Saputra
Riki Dwi Saputra Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa - Pendatang Baru

Pencari ilmu

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Kenapa Masih Saja Ada yang Terjebak Perangkap Narkoba?

25 November 2021   17:30 Diperbarui: 25 November 2021   17:41 48 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Narkoba atau yang dikenal dengan nama lain Napza merupakan singkatan dari Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainya. Efek dari Narkoba sendiri adalah dapat menurunkan kesadaran, halusinasi, serta meningkatkan daya rangsang. Ada beberapa jenis Narkoba yang terkenal di Indonesia seperti ganja, shabu, heroin, dan kokain. Dari keseluruhan jenis Narkoba tersebut semuanya memiliki efek jangka panjang yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. 

Narkoba memang dikenal ilegal dan berbahaya bagi sebagian negara, namun jika diikuti dengan resep dokter dan pengawasan yang ketat. Beberapa jenis Narkoba memiliki manfaat yang baik bagi kehidupan khususnya dunia medis. 

Seperti Narkoba jenis ganja yang keberadaanya sangat menjadi kontroversi di dunia, beberapa tenaga medis yang mendukung penggunaan ganja sebagai obat, berpendapat bahwa ganja bisa digunakan sebagai media pengobatan yang efektif untuk kanker, AIDS, multiple sclerosis, glaukoma, dan epilepsi. 

Kemudian dari jenis heroin dan kokain yang keduanya juga dipercaya menjadi perawatan paling efektif dan aman untuk sakit kronis ekstrim seperti kanker. 

Jenis lain juga bisa bermanfaat sebagai media pengobatan penyakit alzheimer, mengurangi efek pasca operasi, dan juga mengurangi dampak dari kemoterapi yang dikenal sangat menyakitkan dan melelahkan bagi penderitanya. 

Bagaimanapun juga, Narkoba masih memiliki manfaat baik bagi dunia kedokteran atau medis, banyak obat -- obatan yang bisa digunakan sebagai obat bius sebelum operasi, atau setelah operasi yang gunanya untuk mengurangi rasa cemas atau sakit pasca operasi.

Namun jika dilihat dari banyaknya kasus buruk yang terjadi akibat dari penyalahgunaan Narkoba, menjadi wajar jika beberapa negara mulai melarang penggunaan Narkoba sebagai media pengobatan yang efektif. 

Di Indonesia sendiri terdapat penggolongan jenis Narkoba dari golongan 1 sampai golongan 3 yang dijelaskan dalam Undang -- undang tahun 2009 Pasal 6 ayat 1 tentang Narkotika. 

Di dalam Undang -- undang tersebut dijelaskan bahwa Narkotika golongan 1 yang mana ganja masuk dalam golongan ini, dilarang keras untuk digunakan sebagai pelayanan kesehatan yang mana termasuk dalam Pasal 8 ayat 1.

 Namun ganja juga dapat digunakan untuk kepentingan pengembangan IPTEK, reagensia, dan laboratorium setelah mendapatkan persetujuan Menteri atas rekomendasi Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan itu pun dalam jumlah terbatas (Pasal 8 ayat 2).

Berita penangkapan pengguna maupun pengedar Narkoba selalu saja bisa menarik perhatian publik, Narkoba atau yang dikenal dengan nama lain Napza ini memang sangat dilarang keras di Indonesia, bahkan di luar Indonesia pun keberadaanya dilarang. Bagaimana tidak? efek yang ditimbulkan bagi penggunanya bukan hanya bisa merusak segi kehidupan si pengguna, namun bisa juga membahayakan lingkungan sekitarnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan