Edukasi

Macam-macam Pendekatan Komunikasi Internasional dan Fungsinya

11 Oktober 2018   21:00 Diperbarui: 11 Oktober 2018   21:20 253 0 0

Halo teman-teman pembaca, sebelum membahas tentang pendekatan Komunikasi Internasional sebaiknya kita mengenal dulu apa itu komunikasi internasional. 

Komunikasi internasional adalah komunikasi yang dilakukan oleh komunikator yang mewakili suatu negara untuk menyampaikan pesan-pesan yang berkaitan dengan kepentingan negara nya kepada komunikas negara lain ( sumber : Wikipedia ).

Jika merujuk pada pengertian komunikasi internasional itu sendiri dapat dipahami jika pendekatan internasional adalah pendekatan yang dilakukan antar negara. Menurut Hamied Maulana ( 1997:6 ) dalam global information and world order  pendekatan internasional terbagi menjadi 4 bagian sebagi berikut ;

1. Pendekatan idealistic-humanistic

Adalah pendekatan yang  menggambarkan komunikasi internasional sebagai sebuah cara membawa bangsa untuk membantu organisasi-organisasi internasional dalam melaksanakan pelayanan terhadap komunitas dunia dan bagaimana agar negara di dunia mampu menciptakan komunikasi yang harmonis agar tercapai nya dunia yang damai.

2. Pendekatan Political proselytization

Pendekatan ini lebih sering digunakan di dalam dunia perpolitikan yakni bisa sebagai propaganda, konfrontasi dan lain-lain. Biasanya juga pendekatan ini bersifat satu arah dan terkesan otoriter karena bersifat satu arah atau one way.

3. Pendekatan economic power

Pendekatan satu ini adalah bersifat mencari keuntungan dengan adanya pendekatan komunikasi internasional setiap negara memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan ekonomi dengan melakukan pertukaran barang dan jasa dan biasanya dilakukan oleh negara berkembang.

Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh bagi negara berkembang karena akan banyak menerima produk asing yang tidak mampu dibuat di negaranya sendiri.

4. Pendekatan Political power

Pendekatan ini berbeda dengan pendekatan nomor 2 karena  karena di dalam pendekatan ini jelas hanya berfokus kepada Kekuatan politik, dominasi informasi, budaya dan teknologi.

Umumnya hal ini dikuasai oleh negara barat karena kemampuan dan sektor ekonomi yang lebih dominan. Selain itu pendekatan politik ini memberikan dampak yang signifikan karena langsung mengarah ke ekonomi dan nilai tukar mata uang dunia.

Persaingan antar negara di era teknologi saat ini sangatlah penting tanpa adanya komunikasi prestasi suatu negara tidak akan dapat dilihat oleh negara lain. Hal ini yang mendasari penting nya belajar komunikasi internasional.

Hal ini terbukti dengan banyak nya bantuan yang datang dari negara lain ketika negara kita saat ini mendapat musibah bencana gempa yang melanda Lombok dan Palu hal ini membuktikan bahwa negara kita berhasil melakukan pendekatan komunikasi internasional.

Lalu apa saja fungsi dari pendekatan komunikasi internasional itu sendiri bagi sebuah negara ? Berikut akan kita bahas beberapa fungsi pendekatan komunikasi internasional,

Pertama, pendekatan komunikasi internasional berfungsi untuk keharmonisan hubungan antar negara.

Kedua, meminimalisir terjadinya konflik atau salah faham antar negara baik antar penduduk maupun pemerintah nya.

Ketiga,  cara agar terpenuhi nya kepentingan suatu negara dengan negara lain.

Keempat, mempromosikan negara sendiri kepada negara lain. Secara sengaja maupun tidak sengaja pendekatan komunikasi internasional dapat memberikan efek promosi kepada negara lain misalnya mempromosikan pendidikan internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2