Halo teman-teman pembaca, sebelum membahas tentang pendekatan Komunikasi Internasional sebaiknya kita mengenal dulu apa itu komunikasi internasional.Â
Komunikasi internasional adalah komunikasi yang dilakukan oleh komunikator yang mewakili suatu negara untuk menyampaikan pesan-pesan yang berkaitan dengan kepentingan negara nya kepada komunikas negara lain ( sumber : Wikipedia ).
Jika merujuk pada pengertian komunikasi internasional itu sendiri dapat dipahami jika pendekatan internasional adalah pendekatan yang dilakukan antar negara. Menurut Hamied Maulana ( 1997:6 ) dalam global information and world order  pendekatan internasional terbagi menjadi 4 bagian sebagi berikut ;
1. Pendekatan idealistic-humanistic
Adalah pendekatan yang  menggambarkan komunikasi internasional sebagai sebuah cara membawa bangsa untuk membantu organisasi-organisasi internasional dalam melaksanakan pelayanan terhadap komunitas dunia dan bagaimana agar negara di dunia mampu menciptakan komunikasi yang harmonis agar tercapai nya dunia yang damai.
2. Pendekatan Political proselytization
Pendekatan ini lebih sering digunakan di dalam dunia perpolitikan yakni bisa sebagai propaganda, konfrontasi dan lain-lain. Biasanya juga pendekatan ini bersifat satu arah dan terkesan otoriter karena bersifat satu arah atau one way.
3. Pendekatan economic power
Pendekatan satu ini adalah bersifat mencari keuntungan dengan adanya pendekatan komunikasi internasional setiap negara memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan ekonomi dengan melakukan pertukaran barang dan jasa dan biasanya dilakukan oleh negara berkembang.
Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh bagi negara berkembang karena akan banyak menerima produk asing yang tidak mampu dibuat di negaranya sendiri.
4. Pendekatan Political power