Mohon tunggu...
Rieke DwiWulandari
Rieke DwiWulandari Mohon Tunggu... mahasiswa

bio

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa Upgris KKN T Literasi dan Numerasi Memberikan Edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun

17 September 2020   00:26 Diperbarui: 17 September 2020   00:34 5 0 0 Mohon Tunggu...

Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) dimana pelaksanaan KKNT dilakukan di daerah domisili masing-masing mahasiswa, yang berlangsung selama satu bulan terhitung mulai dari 17 Agustus sampai 17 September 2020. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKNT UPGRIS sangat bermanfaat, salah satunya telah memberikan edukasi cara mencuci tangan menggunakan sabun dengan benar kepada anak-anak.

Pandemi virus corona (Covid 19) saat ini telah melanda berbagai negara di belahan dunia. Hingga saat ini belum ada vaksin ataupun obat yang terbukti efektif dalam mengobati penyakit tersebut. 

Upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan berbagai upaya pencegahan, salah satunya adalah mencuci tangan menggunakan sabun atau yang sering kita dengar dengan istilah CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun). 

Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air mengalir dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. 

Mencuci tangan dengan sabun (CTPS) dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan sering kali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung.

Dokpri
Dokpri
Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir memang sangat bagus untuk diri sendiri. Namun sayang, masih sedikit orang yang mau melakukannya, terutama orang dewasa. Mengubah perilaku untuk cuci tangan pakai sabun di kalangan dewasa terbilang susah. 

Karena itu, sejak dini anak-anak sebaiknya sudah diajari. Kebiasaan seperti ini memang harus selalu didengungkan. Terlebih untuk anak-anak. Pada dasarnya, mengedukasi dan membiasakan cuci tangan pakai sabun sejak dini, lebih mudah ketimbang mengubah perilaku ketika dewasa. 

Mencuci tangan tidak hanya menjaga kesehatan diri sendiri, tapi juga keluarga  dan orang- orang disekitar. Lakukan cuci tangan dengan langkah-langkah berikut ini :
1. Basahi kedua tangan dengan air, kemudian ambil sabun secukupnya.
2. Gosokan kedua telapak tangan bersama- sama.
3. Gosok tiap punggung tangan menggunakan telapak tangan sebelahnya, jangan lupa gosok bagian sela-sela jarinya.
4. Tangkupkan kembali kedua tangan dan gosok pinggir jari-jari.
5. Bersihkan jari dan telapak tangan secara bergantian.

Semoga dengan adanya memberikan edukasi memcuci tangan pakai sabun bisa bermanfaat dan dapat membiasakan diri selalu mencuci tangan pakai sabun sejak dini sampai dewasa. kegiatan tersebut dilakukan di Desa Nambuhan Dusun Koripan RT 03 RW 010 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x